Mengenal Tentara Khusus Korsel 707th SMB yang Latihan Bareng Kopassus

inewsid | Nasional | Published at 28/06/2021 05:00
Mengenal Tentara Khusus Korsel 707th SMB yang Latihan Bareng Kopassus

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 20 prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dilepas Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa untuk mengikuti latih khusus di Korea Selatan, pada beberapa waktu lalu. Pasukan khusus Korsel tersebut bernama 707th Special Missions Battalion (SMB).

Pasukan tersebut dibentuk untuk mengantisipasi terulangnya kembali insiden Olimpiade Munich, Jerman pada 1972. Ketika itu kelompok September Hitam atlet Israel yang sedang mengikuti olimpiade disandera oleh kelompok teroris Black September dan semuanya tewas.

Satuan 707th SMB dibentuk di bawah Republic of Korea Army Special Warfare Command (ROKA SOCOM). Pasukan ini berhasil menjadi pengawal utama dan mengamankan acara Asian Games 1986 yang berlangsung di Korsel.

Hingga saat ini satuan personel 707th SMB berjumlah lebih dari 1.000 personel dengan setiap kompi berkekuatan sekitar empat tim operasional dengan 14 personel. Pasukan ini diisi oleh satu personel perempuan yang juga tak kalah tangguh.

Penggunaan perempuan diyakini berperan untuk menghilangkan rasa curiga pada musuh. Misalnya dalam kasus pembajakan pesawat terbang pengiriman perempuan untuk mengantarkan makanan atau obat-obatan tidak menghilangkan kecurigaan meski tim perempuan juga siap beraksi.

Sebagai negara yang bersekutu dengan AS, pola pelatihan 707th SMB banyak merujuk ke negara Paman Sam dengan waktu tidak kurang satu tahun. Porsi latihan terdiri dari teknik dasar terjun payung, rappelling dan perang gunung, bela diri, penguasaan persenjataan, dan demolisi (peledakan).

Mereka juga harus melakukan latihan ketahanan fisik di medan bersalju, di ruang bersuhu di bawah nol, serta renang di danau beku tanpa pelindung tubuh.

Para pasukan juga dilatih untuk melakukan tembak reaksi cepat, penerobosan, taktis penyerangan, scuba diving, dan latihan-latihan berat lainnya.

Tidak hanya berlatih di dalam negeri, pasukan 707th SMB telah berkali-kali melakukan latihan bareng bersama pasukan khusus Singapore STAR, Autralian SASR Tactical Assault Group, dan Hong Kong SDU. Terbaru mereka melakukan latihan bersama dengan Kopassus.

Andika meminta agar seluruh prajurit yang akan berangkat untuk bisa menyerap ilmu dan materi latihan sebanyak-sebanyaknya. Selain itu menjalin komunikasi yang baik dengan tujuan meningkatkan persahabatan personel kedua negara.

"Tugas dari saya justru adalah persahabatan, itu saja titipan saya Mas Hasan (Danjen Kopassus). Jaga kehormatan kita, kita membawa nama negara, selamat jalan selamat bertugas, kata KSAD dalam keterangan video yang dilihat pada Minggu (13/6).

Artikel Asli