Loading...
Loading…
5 Tips mudah menyimpan salad buah, dijamin segarnya awet

5 Tips mudah menyimpan salad buah, dijamin segarnya awet

Nasional | brilio.net | Jumat, 25 Juni 2021 - 14:01

Brilio.net - Salad buah merupakan makanan sehat yang banyak difavoritkan. Salad buah biasanya terdiri dari beragam buah sepreti apel, anggur, melon, semangka, buah naga, stroberi, dan buah-buah lainnya. Kemudian, potongan buah tersebut dicampur menjadi satu dengan guyuran saus dari campuran mayones, yogurt, susu kental manis, juga keju.

Ada pula yang melengkapi salad buah dengan berbagai kacang, seperti almond agar menambah tekstur renyah dan nikmat saat dikunyah. Makanan ini sudah banyak dijual di berbagai kafe, kedai, pasar swalayan, maupun dibuat sendiri di rumah karena bahan-bahannya sangat mudah didapat.

Nah, bagi yang senang membuat salad buah sendiri di rumah, ada keuntungannya tersendiri, nih. Kamu bisa bikin salad buah yang segar lebih lama dengan beberapa cara. Jadi, meski belum habis, kamu masih bisa memakannya kembali dalam keadaan tetap segar.

Penasaran bagaimana cara menyimpan salad yang tepat? Dilansir Brilio Food dari berbagai sumber, berikut lima tips menyimpan salad buah pada Jumat (25/6).


1. Rendam buah.

foto: freepik.com

Beberapa buah yang sudah dikupas kulitnya dan dipotong-potong rentan berubah warna, seperti apel dan pir. Nah, untuk menghindari hal tersebut, potongan buah bisa direndam terlebih dahulu di air dingin agar tidak cepat berubah warna dan tetap segar.


2. Gunakan air lemon.

foto: freepik.com

Air lemon juga bisa dicampurkan pada potongan buah. Gunanya adalah agar buah bisa tetap segar dalam waktu yang lebih lama. Setelahnya, kamu bisa langsung mengonsumsinya atau membilas potongan buah dengan air matang terlebih dahulu.


3. Jangan dicampur dengan saus.

foto: freepik.com

Jika ingin salad buah lebih tahan lama, kamu bisa memisahkannya dengan saus atau dressingnya. Jadi, saat ingin dimakan, kamu memang perlu meracik salad buah terlebih dahulu. Cara ini efektif untuk menjaga kesegaran salad buah tetap tahan lama.


4. Jangan diamkan di ruang terbuka terlalu lama.

foto: freepik.com

Buah dan saus atau dressing yang sudah disiapkan sebaiknya disimpan di dalam kulkas jika belum ingin dimakan kembali. Hal ini penting agar buah dan sausnya tahan lama, sehingga bisa dikonsumsi kembali nanti.


5. Simpan di wadah tertutup.

foto: freepik.com

Walaupun sudah menyimpannya di kulkas, kamu sebaiknya juga menaruh salad buah dan sausnya di dalam wadah atau plastik tertutup. Hal tersebut bisa efektif untuk menjaga salad buah agar tetap segar tahan lama.

Original Source

Topik Menarik