Loading...
Loading…
KSPPS Tamzis Bebaskan Utang Rp91 Juta Korban Kebakaran Pasar Sidorejo

KSPPS Tamzis Bebaskan Utang Rp91 Juta Korban Kebakaran Pasar Sidorejo

Nasional | ayosemarang | Sabtu, 19 Juni 2021 - 13:46

BRANGSONG,AYOSEMARANG.COM -- Korban kebakaran Pasar Sidorejo Brangsong akhirnya bisa bernapas lega.

Pasalnya Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Tamzis membebaskan utang 9 pedagang yang kiosnya terbakar.

Pembebasan utang tersebut diperuntukkan bagi para pedagang yang kios dan lapaknya ludes akibat insiden kebakaran April lalu.

Total utang dari sembilan yang dibebaskan mencapai Rp91 juta. Pembebasan utang KPPS Tamzis menyadari, pedagang mengalami kerugian akibat besar akibat kios berikut seluruh barang dagangannya ludes terbakar. Hal itu menyebabkan pedagang tidak bisa berjualan seperti biasanya.

Pembebasan sisa utang atau pembiayaan para pedagang Pasar Srogo merupakan bentuk kepedulian Divisi Ta\'awun (tolong menolong) Tamzis, di mana para pedagang ini merupakan anggota Tamzis. Sesuai akadnya Mudharabah.

Karena akad mudharabah, para pedagang jika usahanya untung, maka wajib berbagi keuntungan. Sebaliknya, jika rugi maka kami Tamzis juga ikut menanggung. Yakni dengan menghapus sisa pembiayaan atau hutang para pedagang, kata Manajer Taawun Tamzis Tri Wuryanto.

Pembebasan utang ini tidak hanya jika terjadi bencana kebakaran saja. Tapi jika yang anggota mengalami kematian, kecelakaan pun ikut dibebaskan. Pembebasan ini adalah konsekuensi bagi rugi dari akad mudharabah.

Pembebasan ini tidak hanya bagi pedagang Pasar Srogo, sebelumnya 113 pedagang Pasar Weleri dengan total pinjaman sebesar Rp 817 juta juga kami bebaskan, tandasnya.

Salah seorang pedagang Pasar Sidorejo, Likhatun mengaku sangat senang. Sebelumnya ia mengambil hutang untuk tambahan modal usaha sebesar Rp 15 juta.

Baru saja pencairan pinjaman. Sebulan kemudian ada musibah kebakaran. Jadi sangat senang sekali, hutangnya kalau dihapuskan kata pedagang bakso ini.

Ia mengaku, saat ini meski di tempat kecil, dirinya sudah memulai usaha jualan bakso lagi.

Lokasinya masih di Pasar Srogo Sidorejo. Alhamdulillah sudah dibagunkan lapak darurat oleh Dinas Perdagangan (Disdag) Kendal, katanya.

Kepala Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Kendal, Kun Cahyadi mengaku bersyukur dan berterima kasih pada Tamzis. Sebab di tengah kondisi seperti ini, apalagi terkena musibah adalah hal yang paling menyulitkan.

Ada yang membantu meringankan tugas pemerintah dan membantu pedagang yang menjadi korban kebakaran, paparnya.

Kepala UPTD Dinas Perdagangan Daerah IV, Turyono dengan penghapusan utang ini para pedagang bisa bangkit lagi.

Apalagi mereka juga diperkenankan lagi untuk mengambil pembiayaan lagi, ujarnya.

Original Source

Topik Menarik