Loading...
Loading…
Calhaj Asal Tasikmalaya Ikhlas tak Bisa Berangkat

Calhaj Asal Tasikmalaya Ikhlas tak Bisa Berangkat

Nasional | republika | Jumat, 04 Juni 2021 - 17:51

IHRAM.CO.ID, TASIKMALAYA -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tasikmalaya mencatat setidaknya terdapat 1.430 calon jamaah haji (calhaj) yang batal berangkat pada 1442 H/2021 M. Pembatalan itu merupakan imbas dari pemerintah pusat yang memutuskan Indonesia tak akan memberangkatkan jamaah haji tahun ini.

Salah seorang calhaj asal Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya Abdul Rosyid (40 tahun) mencoba ikhlas menerima keputusan itu. Padahal, Abdul semula dijadwalkan dapat berangkat ke Arab Saudi tahun ini setelah pemberangkatan jamaah haji pada 2020 urung dilakukan. Namun, nyatanya pemberangkatan jamaah haji tahun ini juga kembali ditiadakan.

"Ini mungkin sudah keputusan Allah, Jadi saya berserah diri saja. Mungkin ini yang terbaik untuk kami, belum ada izin dari Allah," kata dia saat dihubungi Republika.co.id , Jumat (4/6).

Lelaki yang berprofesi sebagai aparatur sipil negara (ASN) itu mengaku sudah mendaftar untuk menunaikan ibadah haji sejak 2012. Ia dijadwalkan mendapat giliran berangkat pada 2020.

Namun, pada tahun lalu, Indonesia tak memberangkatkan jamaah haji karena pandemi. Otomatis, pemberangkatannya ikut gagal.

Baca Juga :
30.117 Calon Jemaah Haji Jateng Batal Berangkat, Semarang Paling Banyak

Original Source

Topik Menarik