Liga Champions Tetap Berjalan Meski Tanpa Barcelona, Real Madrid, Juventus

Nasional | limapagi.com | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 13:35
Liga Champions Tetap Berjalan Meski Tanpa Barcelona, Real Madrid, Juventus

LIMAPAGI – Kontroversi European Super League (ESL) sebenarnya nyaris berakhir. Hal ini ditandai dari banyaknya para klub pendiri yang mundur dari wacana tersebut.

ESL sendiri mulai menghebohkan jagat sepak bola dunia pada April kemarin. Sebanyak 12 klub menyatakan diri untuk mengikuti kompetisi tandingan dari Liga Champions tersebut.

Dari ke-12 klub tersebut, sebanyak sembilan klub pendiri akhirnya mengundurkan diri. Kini, tinggal menyisakan Barcelona, Real Madrid, dan Juventus yang masih kukuh memperjuangkan ESL.

Ketiga klub ini mulai mendapat ancaman dari berbagai pihak, khususnya dari UEFA. Bahkan, ketiganya diancam dikeluarkan dari Liga Champions musim depan.

Javier Tebas merasa Liga Champions tetap berjalan tanpa kehadiran ketiga klub raksasa tersebut. Meski memang diakui turnamen ini terasa hampa tanpa hadirnya ketiga klub tersebut.

“Opini pribadi saya adalah Liga Champions telah bersiap untuk melakukan langkahnya tanpa Real Madrid, Barcelona, dan juga Juventus,” kata sang presiden LaLiga, dikutip dari Marca.

Tebas pun membandingkan edisi-edisi sebelumnya yang mana ada beberapa klub pendiri ESL ini memang tidak ikut serta berkompetisi.

“Liga Champions terus berjalan tanpa Manchester United selama lima tahun. Milan dilarang ikut dari kompetisi Eropa dan kompetisinya masih tetap berjalan,” ujar Tebas.

Meski begitu, Tebas sebenarnya masih ingin melihat ketiga klub ini terus berpartisipasi di turnamen tertinggi di Eropa tersebut. Apalagi, Barcelona dan Real Madrid adalah aset besar bagi LaLiga.

“Tentu saja, saya ingin mereka tetap berada di dalamnya, tapi faktanya terjadi dan UEFA harus bertindak,” ucap pria 58 tahun tersebut.

Artikel Asli