6 Kiat Mengatasi Masalah Rambut Rontok Akibat Paparan Matahari

Nasional | jawapos | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 13:48
6 Kiat Mengatasi Masalah Rambut Rontok Akibat Paparan Matahari

JawaPos.com – Memasuki musim kemarau, paparan sinar matahari bisa menyebabkan masalah rambut rontok. Penyebab paling umum dari rambut rontok adalah stres dan pengelolaan yang buruk.

Hair Expert dari India Sareena Acharya mengatakan stres adalah salah satu penyebab utama rambut rontok. Melindungi rambut dari paparan sinar matahari bisa dicegah dengan beberapa cara yang sederhana seperti dilansir dari Times of India , Jumat (28/5).

1. Makanan Bernutrisi

Kebiasaan makan sehat mencegah rambut rontok. Anda dapat memasukkan makanan kaya protein seperti kecambah, kacang-kacangan, produk susu, dll dalam makanan sehari-hari Anda.

2. Alpukat

(Health Benefit)

Makanan untuk rambut dalam bentuk aplikasi luar juga bisa membantu. Paket rambut seperti campuran alpukat, minyak zaitun, atau minyak kelapa yang dihaluskan dan dicampur bisa sangat bergizi dan bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala dan rambut. Alpukatkaya akan berbagai nutrisi seperti vitamin K, C, B5, B6, E, kalium, dan folat dengan sedikit magnesium, mangan, fosfor, vitamin A, B1 (Tiamin), B2 (Riboflavin), dan B3 (Niacin) ), tembaga, besi, seng, protein.

3. Rajin Mencuci Rambut

Mengelola rambut termasuk membersihkan, menutrisi secara teratur, dan menggunakan alat panas yang sesuai dengan produk pelindung panas yang sesuai. Pembersihan adalah langkah paling dasar dan penting dalam merawat rambut Anda. Membersihkan rambut Anda adalah bagian penting untuk mencegah rambut rontok.

4. Pilih Sampo yang Tepat

Anda harus selalu memilih sampo sesuai jenis kulit kepala Anda. Jika Anda memiliki kulit kepala yang berminyak, Anda dapat mencucinya lebih sering, dibandingkan dengan kulit kepala yang kering. Ini akan mencegah kulit kepala Anda tersumbat yang pada akhirnya menyebabkan rambut rontok atau bahkan ketombe. Jika kualitas rambut kering dan rusak, hindari mencuci terlalu sering karena dapat menyebabkan lebih banyak kekeringan yang menyebabkan kerusakan dan rambut rontok. Memilih sampo formula bebas sulfat adalah ide yang bagus dibandingkan dengan sampo biasa.

5. Pijat

Menutrisi rambut secara rutin sangat penting untuk memiliki rambut yang sehat dan kuat. Pijatan yang baik pada kulit kepala pasti akan mendorong aliran darah yang baik menuju folikel yang sehat. Semakin kuat akarnya, semakin sedikit rambut rontok. Ini bisa dilakukan dengan bantuan minyak kelapa, minyak almond, dan minyak argan.

6. Hidrasi

Dan terakhir, melembabkan rambut adalah faktor paling penting untuk mencegah kerusakan rambut. Minum air untuk tubuh yang sehat, sama berlaku untuk rambut. Minum banyak air dan gunakan produk pelembab akan menjaga hidrasi. Buatlah masker rambut di rumah dengan bahan alami seperti telur, yogurt, minyak zaitun, alpukat, dan pisang

Artikel Asli