Polda Sumbar Gandeng Ulama Tingkatkan Disiplin Warga

Nasional | republika | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 13:41
Polda Sumbar Gandeng Ulama Tingkatkan Disiplin Warga

IHRAM.CO.ID, PADANG -- Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat menggandeng ulama dan tokoh organisasi masyarakat di daerah itu untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Kepala bidang Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu mengatakan pihaknya telah menggelar pertemuan dengan ulama dan organisasi masyarakat dalam pengendalian Covid-19 di daerah itu.

"Pertemuan ini salah satu upaya agar masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan," kata dia, Jumat (28/5).

Ia mengatakan melalui kegiatan ini para ulama dan tokoh masyarakat akan menyampaikan pesan kepada masyarakat di akar rumput agar tetap menjalankan protokol kesehatan. Menurut dia tingkat kedisiplinan masyarakat dalam menggunakan masker, menjaga jarak, tidak berkerumun dan mencuci tangan sudah mulai menurun. Hal ini dibuktikan dengan hasil Operasi Yustisi yang digelar Satgas Covid-19 Sumatera Barat di 19 kota dan kabupaten terutama di saat hari libur.

"Jika libur maka terjadi kerumunan terutama di daerah yang menjadi destinasi wisata," kata dia.

Selain hasil operasi, jumlah kasus positif di Sumatera Barat kembali meningkat setelah sebelumnya landai sebelum Ramadhan dan saat ini mengalami kenaikan setelah Idul Fitri.

"Kami paham ada rasa jenuh yang dirasakan masyarakat namun dengan protokol kesehatan akan melindungi seluruh warga negara dari penyebaran pandemi. Kami sangat berharap seluruh pihak serius dalam menyikapi persoalan ini," kata dia.

Pertemuan yang digelar di Mapolda Sumbar dihadiri Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Wakil Gubernur Audy Djoinaldy, Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Arief Gajah Mada, Ketua MUI Sumbar Buya Gusrizal Gazahar, Ketua Dewan masjid, Kanwil Kemenang, Ketua Muhammadiyah Sumbar, Ketua PW NU, Buya Mas'oed Abidin, dr Andani Eka Putra, dan perwakilan ormas lainnya.

Artikel Asli