5 Cara Atasi Komedo Membandel

Nasional | urbanasia.com | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 13:00
5 Cara Atasi Komedo Membandel
"

Jakarta - Urbanreaders bermasalah dengan komedo di wajah ? Jangan khawatir, guys. Dengan penanganan yang tepat, komedo nggak sulit kok untuk diatasi. Tapi, sebelum kamu mencoba mengusir si bintik-bintik membandel ini, kamu perlu tahu apa sih sebenarnya komedo itu.

Dilansir dari Allure, menurut seorang dermatologis, Rachel Nazarian, komedo didefinisikan sebagai campuran sebum dan sel kulit mati yang telah mengering, menggumpal dan bercampur dengan bakteri, lalu menyumbat pori-pori. Akibat teroksidasi dengan udara, komedo berubah warna menjadi hitam.

Untuk mengatasinya, kamu bisa coba beberapa cara berikut ini.

1. Gunakan Skincare Berbahan Salicylic Acid

Sumber: Ilustrasi atasi komedo. (Freepik/senivpetro)

Produk skincare yang berbahan salicylic acid atau asam salisilat berfungsi sangat ampuh untuk mengusir komedo dari wajahmu. Bahan ini akan membantu mengurangi produksi sebum berlebih sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit.

2. Beri Uap Panas pada Wajah

Sumber: Ilustrasi pakai masker wajah. (Freepik/art24pro)

Penguapan wajah adalah salah satu cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan komedo. Fokuskan uap pada area yang bermasalah, misalnya hidung, dagu, atau dahi. Uap panas akan membantu membuka pori-pori wajah, sehingga lebih mudah untuk dibersihkan.

3. Lakukan Eksfoliasi

Sumber: Ilustrasi eksfoliasi. (Freepik/wayhomestudio)

Setelah wajah kamu diuapi, gunakan face scrub untuk membersihkan wajah. Selain mengangkat kotoran dan sebum, face scrub juga akan menghilangkan komedo yang menyumbat pori-pori.

Selain menggunakan face scrub, kamu juga bisa memanfaatkan masker wajah yang khusus untuk mengatasi masalah komedo. Masker berbahan charcoal, tea tree, dan natural clay, bisa kamu pilih untuk membuat wajahmu bersih dan bebas komedo.

4. Gunakan Skincare dengan Kandungan Antioksidan

Sumber: Ilustrasi pakai masker wajah. (Freepik/diana-grytsku)

Untuk menutrisi wajahmu dari dalam, gunakan skincare yang mengandung bahan kaya antioksidan. Antioksidan akan membantu membunuh bakteri penyebab komedo, menjaga keseimbangan pH kulit, serta membuat kulitmu tetap sehat.

5. Perhatikan Asupan Makanan

Sumber: Ilustrasi makanan manis. (Freepik/wayhomestudio)

Untuk mengatasi komedo membandel, sebaiknya kamu mengurangi asupan makanan manis, berlemak, serta produk susu. Makanan-makanan ini dapat memicu munculnya komedo di wajah. Sebaliknya, perbanyak konsumsi sayuran hijau dan buah-buahan yang mengandung banyak antioksidan.

xc2xa0

"'
Artikel Asli