PPDB Kota Semarang 2021 Dibuka 26 Juni, Catat Perbedaannya

Nasional | limapagi.com | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 12:13
PPDB Kota Semarang 2021 Dibuka 26 Juni, Catat Perbedaannya

LIMAPAGI – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Semarang tahun 2021 mulai dibuka tanggal 26 Juni mendatang. Ada sejumlah perbedaan yang perlu dicatat orang tua atau wali murid.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri mengungkapkan ada sedikit perbedaan PPDB Kota Semarang 2021 dengan pendaftaran siswa baru tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun ini ada sedikit perbedaan, yakni PPDB 2021 ada masa prapendaftaran dan prioritas bagi calon peserta didik yang memiliki prestasi berjenjang,” tutur dia kepada Limapagi.com, Jumat, 28 Mei 2021.

Gunawan menjelaskan di masa prapendaftaran, calon peserta didik bisa mengecek kebenaran data, sekaligus melakukan perbaikan lewat sekolah. Dengan demikian, saat pendaftaran sudah tidak ada lagi persoalan kekeliruan atau ketidaklengkapan data yang bisa memicu tidak diterimanya peserta didik.

“Misalnya sertifikat kejuaraan belum masuk, nanti bisa masuk di situ, Kok ada salah dengan data kependudukan, nanti bisa dikoreksi di situ. Harapan kita pas pendaftaran sudah clear semua,” ujar dia.

Sedangkan kebijakan prioritas bagi calon peserta didik berprestasi nonakademik, Gunawan menegaskan hanya berlaku untuk mereka yang punya prestasi secara berjenjang, baik tingkat internasional maupun nasional.

“Untuk yang juara berjenjang, juara 1, 2 maupun 3, baik internasional maupun nasional, silakan memilih sekolah, kita kasih prioritas. Meski di luar zonasi kita berikan. Ini yang sedikit bedakan dengan kemarin,” sebutnya.

Gunawan menambahkan dari sisi kesiapan, pihaknya telah menyiapkan sarana prasarana pendukung, sistem pendaftaran hingga pengumuman hasil PPDB. Sistem PPDB masih seperti sebelumnya, yakni dilakukan secara online lewat website PPD Kota Semarang.

“Kita sudah melakukan rapat-rapat internal maupun eksternal, melibatkan berbagai pihak mulai dari Dewan Pendidikan, akademisi, MKKS, K3S, juga Ombudsman. Ombudsman sampai melihat ke mitra kerja di Dinustek, sampai lihat ke servernya,” bebernya.

Bisa dikata, lanjut dia, persiapan PPDB sudah 100 persen. Hanya menunggu keluarnya peraturan wali kota dan peraturan kepala dinas. Draft dari dua regulasi itu juga telah masuk di Bagian Hukum untuk dikaji dan nantinya disahkan maupun diketahui wali kota.

“Sudah siap semua tinggal perangkat hukumnya,” ujar Gunawan.

Adapun jadwal tahapan PPDB Kota Semarang 2021, jenjang TK dan SD diawali prapendaftaran mulai 13 sampai 18 Juni 2021. Kemudian pendaftaran 26 hingga 29 Juni, analisis dan pemeringkatan 30 sampai 1 Juli, pengumuman online dan ditempel di satuan pendidikan tanggal 2 Juli, serta daftar ulang tanggal 2 sampai tanggal 5 Juli.

“Untuk hari pertama masuk sekolah dijadwalkan tanggal 12 Juli,” sebutnya.

Sedangkan untuk jenjang SMP, prapendaftaran dimulai 20 sampai 25 Juni, pendaftaran 27 hingga 30 Juni, analisis dan pemeringkatan 1 sampai 2 Juli, pengumuman online dan ditempel di satuan pendidikan 3 juli, daftar ulang 3 sampai tanggal 6 Juli, serta hari pertama masuk sekolah pada 12 Juli.

Artikel Asli