Pemprov Sulsel Lelang Dini Proyek Pembangunan Stadion Mattoanging

Nasional | limapagi.com | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 12:43
Pemprov Sulsel Lelang Dini Proyek Pembangunan Stadion Mattoanging

LIMAPAGI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memastikan akan melanjutkan pembangunan Stadion Mattoanging di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Hanya saja sebelum dilakukan proses pembangunannya, pemerintah provinsi akan melakukan proses lelang dini.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel Andi Arwin Azis mengatakan, proses lelang dini akan menunggu additional design, yang mana additional design ini akan memuat tahapan pekerjaan, anggaran dan rencana kerja di tahun ini. Rencana proses lelang akan dilakukan untuk anggaran 2022 yang akan dimulai pada bulan Agustus 2021 setelah Kebijakan Umum APBD serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) disepakati.

“Itulah yang jadi dasar kita untuk melelang dini. Dasarnya kesepakatan bersama KUA PPAS,” katanya kepada Limapagi.com, Jumat, 28 Mei 2021.

Menurutnya, rencana lelang dini dilakukan sebab Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur ingin segera melakukan proses pembangunan Stadion Mattoanging ini. Sementara, jika menunggu skema pinjaman akan sulit untuk terealisasi. Hal ini pula sehingga skema penganggaran pembangunan dirubah dari skema pinjaman menjadi skema APBD murni.

“Untuk masuk ke proses lelang dini maka kita maksimalkan dulu proses penambahan desain (additional design) di mana desain awal itu yang konsep Rp1,4 triliun itu kita tetap ada. Namun kita buat lagi desain disesuaikan dengan kemampuan keuangan yang diharapkan nanti. Desain ini juga bisa dikembangkan ketika pemerintah daerah memungkinkan dalam hal kemampuan keuangannya untuk membiayai ini,” ujarnya.

Kemudian, setelah additional desainnya disusun maka pihaknya menargetkan secara ketat agar penyusunan Detail Engineering Design (DED) dilakukan paling lambat mulai awal Juni hingga akhir Juli 2021 mendatang atau sebelum pengajuan penetapan KUA PPAS disampaikan ke DPRD.

“Jadi sebelumnya itu harus sudah selesai. Begitu penetapan KUA PPAS di Agustus, kesepakatan pertama KUA PPAS itu sudah memuat di dalamnya anggaran untuk pembangunan Stadion Mattoanging untuk konstruksinya di 2022” ujarnya.

Makanya, lanjut Arwin setelah kesepakatan bersama yang dilakukan paling lambat Minggu kedua Agustus sebagaimana Permendagri 64 tahun 2021 tentang pedoman penyusunan APBD tahun anggaran 2021 ini bisa dilakukan. Kemudian dimasukkan nilai dan nilainya nanti akan masuk di anggaran 2022.

“Lelang dini sudah bisa dilakukan setelah kesepakatan bersama KUA PPAS sehingga kita berharap kalau KUA PPAS disepakati di minggu kedua Agustus, maka kita juga mulai melelang di Agustus, sehingga ada empat bulan ke depan sudah ada pemenang untuk konstruksi pekerjaan tahun 2022,” harapnya.

Artikel Asli