Elektabilitasnya Melejit, Golkar Bocorkan Calon Pengganti Presiden Jokowi, Mas Anies Orangnya?

Nasional | wartaekonomi | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 12:58
Elektabilitasnya Melejit, Golkar Bocorkan Calon Pengganti Presiden Jokowi, Mas Anies Orangnya?

Politisi Golkar, Ashraf Ali ikut merespons perihal nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang masuk papan atas dalam survei survei capres 2024.

"Lembaga survei yang kredibel tentu sudah mengikuti kaidah-kaidah survei yang benar," katanya, kepada wartawan, Kamis (27/5/2021) kemarin.

"Hasil survei ini merupakan perwujudan aspirasi rakyat kepada Anies. Rakyat berharap Anies menjadi pemimpin Indonesia berikutnya," ujarnya.

Menurut dia, rakyat mencari sosok pemimpin pengganti Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bisa memberikan warna berbeda dalam kepemimpinan nasional di 2024.

Tambahnya, hasil survei juga dapat menjadi gambaran keberhasilan Anies membangun DKI sejak 2017 lalu.

"Tanpa ribut-ribut, Anies berhasil mengubah Jakarta menjadi lebih cantik dan maju kotanya, bahagia warganya," tukasnya.

Sebelumnya, Lembaga survei Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) merilis hasil surveinya terkait nama-nama yang dikaitkan menjadi calon presiden (capres) 2024. Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di urutan pertama dengan 17,01 persen.

"Anies Baswedan menjadi sosok kandidat calon presiden 2024 teratas dalam survei ini," ujar peneliti ARSC Bagus Balghi dalam rilis daringnya, Sabtu (22/5/2021).

Nama Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di urutan kedua dengan 14,31 persen. Sementara, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di bawahnya dengan 11,25 persen.

Urutan keempat ada nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (6,87 persen), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (5,86 persen), dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (5,55 persen). Berikutnya, Tri Rismaharini (3,97 persen), Airlangga Hartarto (3,83 persen), dan Puan Maharani (2,48 persen).

Di urutan ke-10 ada nama Khofifah Indar Parawansa dengan perolehan (0,66 persen), Erick Thohir dan Said Aqil Siroj masing-masing (0,41 persen). Selanjutnya, Tito Karnavian, Ma'ruf Amin, dan Bambang Soesatyo masing-masing 0,33 persen. Lalu, Muhaimin Iskandar (0,25 persen).

Adapun pengumpulan data dilakukan sejak 26 April hingga 8 Mei 2021 lewat sambungan telepon untuk responden usia minimum adalah 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih. Dengan 1.200 reponden yang mewakili 34 provinsi di Indonesia.

Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan memperhatikan jumlah proporsionalitas antara jumlah sampel dan jumlah pemilih di setiap provinsi. Margin of error dalam survei ini kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan hingga 95 persen.

Artikel Asli