Cegah Penyebaran Klaster, Desa Ngareanak Kendal Semprot Disinfektan dan Bagi Sembako

Nasional | ayosemarang | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 12:41
Cegah Penyebaran Klaster, Desa Ngareanak Kendal Semprot Disinfektan dan Bagi Sembako

SINGOROJO, AYOSEMARANG.COM -- Setelah ditetapkan sebagai klaster penyebaran Covid-19, Pemerintah Desa Ngareanak Kecamatan Singorojo Kendal memberikan edukasi dan melakukan penyemprotan cairan disinfektan, Jumat 28 Mei 2021.

Tidak hanya itu, satgas jogo tonggo diaktifkan kembali dengan memberikan sembako kepada warga yang melakukan isolasi mandiri.

Penyemprotan cairan disinfektan ini dilakukan Pemdes Ngareanak Kecamatan Singorojo  untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19 di lokasi klaster musola. Ada 2 RT yang menjadi penyebaran Covid-19 dari klaster musola dan angka positif terus bertambah, disemprot cairan disinfektan.

Penyemprotan diutamakan di rumah warga yang penghuninya menjalani isolasi mandiri dan di musola setempat. Tidak hanya itu pemerintah desa juga memberikan edukasi kepada warganya, untuk mematuhi protokol kesehatan dengan tetap dirumah dan memakai masker.

Selain menyemprotkan cairan disinfektan,  satgas jogo tonggo juga membagikan sembako kepada warga yang menjalani isolasi mandiri. Bahan makanan ini diberikan agar warga yang isolasi mandiri tetap berada di rumah mencegah penyebaran Covid-19.

Ketua RT setempat mengatakan, pihaknya terus memberikan edukasi kepada warganya khususnya yang menjalani isolasi mandiri untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Tidak hanya itu kegiatan warga juga dibatasi mengurangi kerumunan agar penyebaran Covid-19 bisa ditekan. Sebagai ketua RT saya  berterima kasih kepada pemerintah desa, kecamatan dan kabupaten kendal yang proaktif memberikan arahan dan bantuan kepada warganya yang kini menjalani isolasi mandiri,” jelas Slamet Ketua RT setempat.

Sementara itu Kepala Desa Ngareanak, Agung Widjojo mengatakan,  satgas PPKM Mikro sudah melakukan pendataan kepada warga yang positif, dengan melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Satgas PPKM mikro juga sudah memberikan tanda didepan rumah warga yang isolasi mandiri untuk memudahkan pendataan” ujarnya.

Pemerintah desa melakui satgas jogo tonggo juga mengirimkan sembako kepada warga yang isolasi mandiri dan Puskesmas Singorojo memberikan obat-obatan dan vitamin kepada warga.

”Selaku Kades Ngareanak saya meminta maaf dengan masih ada warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Dengan ini saya sudah meminta kepada perangkat dan ketua RT serta tokoh masyarakat untuk bersama memberikan edukasi kepada warga bahwa virus ini tidak kelihatan dan harus dijaga bersama dengan mengedepankan protokol kesehatan dan tetap melaksanakan 5 M,” jelas Agung Widjojo.

Angka positif di Desa Ngareanak mengalami penambahan, setelah Puskesmas melakukan tracing kepada warga yang kontak erat dengan warga yang positif. Pemerintah desa akan memberikan imbauan, untuk warganya selalu menjaga kebersihan agar penyebaran Covid-19 di desa ini bisa ditekan.

Artikel Asli