Mengkhawatirkan, dalam Sepekan Ada 1.374 Orang yang Tertular Covid-19 di Bangka Belitung

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 12:17
Mengkhawatirkan, dalam Sepekan Ada 1.374 Orang yang Tertular Covid-19 di Bangka Belitung

Pangkalpinang - Dalam sepekan terakhir ada 1.374 orang yang dikonfirmasi tertular COVID-19 di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menurut data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 setempat.

"Orang terkonfirmasi COVID-19 pekan ini terus mengalami peningkatan karena meningkatnya mobilitas masyarakat tanpa diiringi kedisiplinan (menjalankan) prokes (protokol kesehatan)," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Andi Budi Prayitno di Pangkalpinang, Jumat.

Menurut dia, peningkatan kasus penularan COVID-19 terjadi di Kota Pangkalpinang serta Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Belitung, Bangka Selatan, dan Belitung Timur.

Ia mengemukakan, peningkatan kasus penularan COVID-19 antara lain dipicu oleh peningkatan mobilitas warga serta menurunnya disiplin warga dalam menjalankan protokol kesehatan saat berada di tempat umum.

Selain itu, menurut dia, ada ketidakdisiplinan dari penderita COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Kondisi sebagaimana sudah diperkirakan, pasca-libur Lebaran dan mudik terjadi lonjakan penularan," katanya.

Guna mencegah lonjakan kasus penularan virus corona, ia mengatakan, pemerintah sudah memperpanjang pemberlakuan surat edaran mengenai pelarangan perjalanan antardaerah hingga 31 Mei 2021.

"Langkah ini sebagai upaya pengendalian kasus dan deteksi dini terhadap potensi penularan dan masuknya mutasi serta varian baru COVID-19," kata Andi.

Ia menambahkan, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 melakukan pemeriksaan ulang kepada pelaku perjalanan untuk memastikan mereka tidak terinfeksi virus corona saat masuk wilayah Bangka Belitung.

Andi meminta warga yang pulang dari berlibur atau mudik melakukan karantina mandiri selama sekurang-kurangnya 5 x 24 jam di tempat tinggalmasing-masing untuk meminimalkan risiko penularan virus corona.

Menurut data Satuan Tugas yang diperbarui pada 27 Mei 2021, jumlah akumulatif warga Bangka Belitung yang terserang COVID-19 sebanyak 17.563 orang dengan perincian 15.525 orang sudah sembuh, 260 orang meninggal dunia, dan 1.778 orang masih menjalani isolasi.

Artikel Asli