Sunroof Mobil juga Perlu Perawatan, Begini Panduannya

Nasional | limapagi.com | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 11:11
Sunroof Mobil juga Perlu Perawatan, Begini Panduannya

LIMAPAGI – Mobil keluaran baru kini banyak yang dilengkapi atap kaca. Desain ini bisa membuat kabin terasa lebih lapang, lantaran sinar matahari menerangi kabin selama perjalanan.

Pada model-model tertentu, atap kaca ini bahkan bisa dibuka. Sehingga, pengemudi dan penumpang mendapat sirkulasi udara tambahan tanpa perlu membuka jendela kiri maupun kanan.

Atap kaca mobil jenis sunroof maupun panoramic roof juga memerlukan perawatan rutin. Cara ini dilakukan agar penampilan dan kondisinya terjaga. Sehingga bisa memperpanjang usia pakai, serta mencegah terjadinya kebocoran.

National Technical Advisor Astra Peugeot, Samsudin mengatakan, pemilik mobil bisa melakukan sendiri perawatan atap kaca di kendaraannya. Meski demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sehingga komponen ini tetap berfungsi normal.

“Jika perawatan kurang tepat, kadang dapat mengganggu fungsi sunroof. Seperti karet menjadi keras, kurang rapat dalam menutup, adanya kebocoran hingga timbul jamur pada kaca,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat 28 Mei 2021.

Cara merawat atap kaca, model sunroof maupun panoramic roof tidak jauh beda dengan merawat kaca pada mobil. Komponen ini dirancang lebih tebal, sehingga punya kemampuan maksimal menopang atap kendaraan.

Perawatan sunroof atau panoramic roof paling mudah yang bisa dilakukan pemilik mobil, kata Samsudin, hindari lokasi parkir yang terkena sinar Matahari langsung selama terus menerus. Selain itu, bersihkan endapan sisa hujan atau sisa air setelah mencuci mobil.

Untuk menjaga kualitas karet-karet pelindungnya (seal) agar tetap awet, kata dia, pemilik mobil harus rajin menyingkirkan debu yang mengendap. Selain itu, bisa juga menyemprotkan permukaan karet dengan cairan silikon.

“Tidak harus rutin. Tapi paling tidak karet-karet di sekitar area sunroof dicek kualitasnya. Kalau memang terlihat kusam dan agak keras bisa dikasih cairan silicon yang dijual dipasaran,” tuturnya.

Artikel Asli