Tak Semahal Pecel Lele yang Viral, Ini Daftar Makanan Murah di Sekitar Malioboro

Nasional | limapagi.com | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 11:42
Tak Semahal Pecel Lele yang Viral, Ini Daftar Makanan Murah di Sekitar Malioboro

LIMAPAGI – Beberapa hari terakhir lagi heboh mengenai harga pecel lele di Yogyakarta. Kejadian bermula ketika ada seorang perempuan yang mengunggah video menceritakan mahalnya makan pecel lele di Malioboro. Padahal, Yogya terkenal sebagai kota dengan harga makanan yang relatif murah.

Si pengunggah video harus mengeluarkan uang total Rp37 ribu untuk sekali makan pecel lele di pinggir jalan. Rp20 ribu untuk lele, nasi Rp7 ribu, serta lalapan dan sambal yang dibanderol harga Rp10ribu.

Nah, buat kamu yang weekend nanti ada rencana ke Yogyakarta dan ingin kulineran, tak perlu khawatir. Masih banyak tempat makan di Kota Pelajar tersebut yang menawarkan harga ramah kantong.

Untuk informasi kamu, berikut lima tempat makan murah di sekitar Malioboro, yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Soto Lenthok Pak Man

yogyakarta
(Instagram/@krisfero) Soto Lenthok Pak Man

Buat yang cari makanan hangat-hangat, bisa mampir ke Soto Lenthok Pak Man. Kamu bisa temukan tempat makan tersebut di sekitaran Alun-Alun Kidul, Yogyakarta.

Satu yang khas dari soto tersebut yakni adanya perkedel yang terbuat dari ketela dan ada potongan tahu bacem. Perpaduan dua bahan tersebut membuat cita rasa soto lenthok berpadu pahit dengan sedikit rasa manis. Lalu, untuk tambahan ada satu uritan dan gorengan sebagai camilannya.

Untuk harga, kamu cukup mengeluarkan Rp10 ribu saja untuk mencicipi satu mangkuk soto lenthok, yang buka dari jam 07.00-14.30.

2. Pecel Senggol Beringharjo

tempat makan di malioboro
(Instagram/@oby.binar) Pecel Senggol Beringharjo

Buat yang cari pecel di Yogya, kamu bisa melipir ke pintu masuk Pasar Beringharjo. Di sana, banyak pedagang pecel yang menjual menu hampir sama yakni nasi dengan rebusan sayur mayur dan disiram bumbu kacang yang gurih.

Pecel yang buka dari pagi pukul 06.00 ini membanderol harga yang relatif murah. Kamu cukup bayar Rp10 ribu saja.

3. Gudeng Yu Djum

gudeg di Yogya
(Instagram/@jastipjogjarea) Gudeng Yu Djum

Gudeg merupakan makanan khas dari kota Yogya. Tidak lengkap rasanya jika berlibur ke Yogya tapi tak mencicipi gudeg. Salah satu tempat makan gudeg di dekat Malioboro ada Gudeg Yu Djum.

Gudeg tersebut buka dari pagi hingga malam pukul 22.00 WIB. Namun, selama PPKM, Gudeg Yu Djum tutup lebih awal yakni pukul 19.00 WIB. Soal harga, Gudeg Yu Djum lumayan murah. Tergantung porsi, kamu bisa pesan dari harga Rp10 ribu sampai Rp45 ribu saja.

4. Kopi Joss Angkringan Lek Man

makan murah di malioboro
(Instagram/@hindria_story) Kopi Joss Angkringan Lek Man

Buat pemburu kopi, jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi kopi khas Yogyakarta, yakni kopi joss. Kopi joss adalah kopi yang disajikan bersama arang panas. Arang panas tersebut dimasukkan ke dalam seduhan kopi hitam dan gula.

Kopi joss ini biasanya ada di angkringan-angkringan sekitar Yogya, tetapi satu yang terkenal adalah Kopi Jos Lek Man. Segela kopi joss dijual sangat murah sekitar Rp5 ribu saja. Selain kopi joss, tempat ini juga menjual menu lain khas angkringan Yogya seperti nasi kucing, wedang jahe dan sate.

5. Oseng Mercon Bu Narti

malioboro
(Instagram/@osengmerconbunartijogja) Oseng Mercon Bu Narti

Setelah rekomendasi yang manis-manis, kali ini ada makanan dengan cita rasa pedas yang bisa menggugah selera kamu. Oseng mercon Bu Narti menjual menu osen mercon khas Yogyakarta dengan rasa yang pedas.

Kamu yang ingin mencicipinya, bisa datang saat pukul 5 sore hingga tengah malam. Harga satu porsi mercon cukup murah, hanya Rp15 ribu rupiah.

Artikel Asli