Serukan Boikot Indomaret, Buruh Bakal Lakukan Aksi Demo di Depan BEI

Nasional | limapagi.com | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 11:44
Serukan Boikot Indomaret, Buruh Bakal Lakukan Aksi Demo di Depan BEI

LIMAPAGI – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) memberikan dukungan untuk Federasi Serikat Pekerja Indonesia (FSPMI). Di mana, mengkampanyekan boikot Indomaret.

Sebagai tindak lanjut dari kampanye boikot tersebut, Presiden KSPI Said Iqbal menjelaskan, akan melakukan aksi demonstrasi di depan BEI. Di mana berada di kawasan Sudirman Jakarta, pada Juni 2021 mendatang.

“Baru yang ke empat kami akan mulai mempertimbangkan aksi di depan bursa efek indonesia di Jakarta. Karena indomaret grup ini adalah Tbk. Harus dibuka, apa yang terjadi di Indomaret, kenapa PHK, kenapa pidana harus menjadi modus pilihan. Demonstrasi di depan kantor-kantor Bursa Efek Indonesia,” kata Said Iqbal saat melakukan konferensi pers secara daring, pada Jumat, 28 Mei 2021.

Selain melakukan aksi boikot di depan kantor BEI, KSPI berencana melakukan aksi boikot di beberapa store Indomaret yang ada di Indonesia. Boikot tersebut rencananya akan dilaksanakan pada 6 Juni 2021. Tidak hanya melakukan aksi demonstrasi fisik, Said menyatakan, dukungan aksi kampanye boikot akan diperluas melalui jaringan media sosial.

Sebagaimana diketahui, pekerja PT Indomarco Prismatama (Indomaret Group) di Jakarta Utara, Anwar Bessy saat ini harus menjalani persidangan di Pengadilan Negari Jakarta Pusat. Karena dilaporkan secara pidana oleh pihak perusahaan akibat rusaknya dinding gypsum saat buruh menuntut THR 2020 dibayarkan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Said Iqbal, KSPI beranggotakan 2,2 juta yang tersebar di 30 provinsi dan lebih dari 300 kab/kota. Sedangkan FSPMI beranggotakan lebih dari 250 buruh di 24 provinsi dan lebih dari 200 kab/kota.

Artikel Asli