Tingkatkan Imunitas Atlet Paparnas

Nasional | radarjogja | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 11:43
Tingkatkan Imunitas Atlet Paparnas

RADAR JOGJA – Jelang Paralimpik Nasional (Peparnas) Papua kontingen National Paralympic Committee (NPC) DIJ menjalani vaksinasi Covid-19, Kamis (27/5). Vaksinasi yang digelar di RS Siloam itu diikuti oleh seluruh elemen yang berangkat ke Papua. Dengan total sebanyak 100 orang.

Ketua NPC DIJ Haryanto berujar, proses vaksinasi berjalan lancar. Dari seratus orang itu, terdiri dari 92 atlet/pelatih dan delapan orang pendamping. Menurutnya, vaksinasi ini sangat penting agar Peparnas berjalan lancar.

Di luar itu, pihaknya juga mengimbau para atlet untuk selalu menerapkan disiplin protokol kesehatan (prokes). Yang pasti, Hariyanto berharap imunitas para atlet dan pelatih bisa semakin baik jelang peparnas. “Risiko ke depan lebih kecil setelah divaksin semua, tapi tetap terapkan prokes saat latihan dan di luar latihan,” katanya.

Hanya, tidak semua kontingen peparnas mengikuti vaksinasi. Ada dua cabor, tenis meja dan angkat berat gagal divaksin lantaran masih di bawah umur. Selain itu, ada pula satu pelatih batal menjalani vaksinasi karena tidak lolos skrining kesehatan. “Nanti kami akan susulkan untuk kesempatan lain, yang di bawah 18 tahun nanti minta surat keterangan dari Dinas Kesehatan,” ujar Hariyanto.

Salah satu atlet tenis kursi roda DIJ Maryanti menuturkan, adanya vaksinasi setidaknya memberikan rasa aman kepada seluruh atlet yang bertanding. Terlebih, di peparnas nanti bakal dihadiri atlet dari seluruh Indonesia. “Yang jelas ini sangat positif ya, untuk ajang Peparnas memang harus divaksin semua atlet dan yang terlibat,” paparnya.

Di Peparnas, kontingen DIJ diperkuat kurang lebih 80 atlet yang bertanding di delapan cabor. Terdiri dari tenis meja, tenis kursi roda, atletik, angkat berat, catur, panahan, bulutangkis, dan bocia. (ard/bah)

Artikel Asli