DPRD Sumenep Dorong Pemda Segera Realisasikan Seaplane sebagai Transportasi Masyarakat Kepulauan

Nasional | jatimtimes.com | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 10:36
DPRD Sumenep Dorong Pemda Segera Realisasikan Seaplane sebagai Transportasi Masyarakat Kepulauan

SUMENEPTIMES - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep meminta Pemerintah Daerah (Pemda) agar menjadikan Seaplane sebagai transportasi laut.

Hal ini ditunjukkan supaya wisatawan yang hendak berwisata atau berkunjung ke Kabupaten Sumenep melalui jalur laut bisa cepat sampai.

Anggota Komisi IV DPRD Sumenep, Moh. Syukri mengatakan, sebagai transportasi pariwisata, Seaplane ini juga dirasa mampu sebagai alat transportasi masyarakat kepulauan.

"Pesawat yang bisa mendarat dan lepas landas di atas air akan sangat membantu, tidak hanya untuk pariwisata, tapi bisa juga menjadi alternatif transportasi masyarakat kepulauan, karena akan mempercepat mobilitas dan sirkulasi bisnis," kata dia, saat dikonfirmasi baru-baru ini, Jumat (28/5/2021).

Syukri meyakini, dengan adanya Seaplane akan sangat membantu masyarakat kepulauan yang hendak pulang atau pergi. Sebab hingga saat ini, masyarakat masih mengandalkan kapal laut dengan estimasi waktu yang cukup lama.

"Kalau sudah ada transportasi Seaplane ini, biarlah masyarakat memilih mau lewat kapal laut atau jika butuh cepat maka alternatifnya ya pesawat Seaplane," terangnya.

Dengan begitu, pihaknya meminta pemerintah daerah mempercepat realisasinya. Sehingga dapat segera dinikmati masyarakat kepulauan. Termasuk juga, infrastruktur segera diurusi secara serius ke pemerintah pusat.

"Kami dan masyarakat kepulauan menaruh harapan besar bagaimana rencana ini diseriusi oleh Pemda. Ini akan sangat membantu terutama saat cuaca ekstrim. Rencananya kan ada titik di Giliyang dan Kangean," urainya.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep meresmikan transportasi Seaplane setelah sebelumnya dilakukan uji coba.

Transportasi Seaplane ini merupakan jalur wisata dari Bali menuju Pulau Giliyang, Kecamatan Dungkek Sumenep dengan menggunakan pesawat C-208A Travira Air. Pesawat tersebut merupakan jenis pesawat amvibi atau pesawat yang bisa mendarat dan lepas landas di air.

Artikel Asli