Manfaatkan Peluang, Mahasiswa UBSI Tegal Sukses Bangun Usaha

Nasional | republika | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 10:59
Manfaatkan Peluang, Mahasiswa UBSI Tegal Sukses Bangun Usaha

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL –- Batasan usia bukan menjadi kendala untuk meraih kesuksesan. Faktanya, di era milenial ini banyak generasi muda yang sukses dalam mengembangkan bisnisnya. Bernika Irnadianis Iffada, mahasiswa semester 4 program studi (prodi) Sistem Informasi (SI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Tegal berhasil membangun usaha di bidang fashion dengan nama Sandang Grosir.

Bernika menyadari peluang dalam usaha fashion masih sangat menjanjikan. Mengingat, pakaian merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap individu.

Berawal dari melihat warga disekitar tempat tinggalnya banyak yang memiliki konveksi dan memproduksi pakaian, ia memanfaatkan peluang tersebut untuk bekerjasama dengan para pemilik konveksi agar mendapatkan produk dari tangan pertama dan dapat dijual secara grosir dengan harga lebih murah dibandingkan dengan harga pasaran.

“Sandang Grosir kini telah memiliki beberapa reseller dan dropshiper dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosinya. Saya memanfaatkan media sosial instagram, facebook, whatsapp untuk mempromosikan dan menjalankan usaha saya ini. Selain itu untuk menarik customer, saya memberikan fasilitas free ongkir yang dapat diakses melalui marketplace,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Kamis (27/5).

Sandang Grosir menyediakan berbagai jenis pakaian muslim untuk wanita, pria maupun anak-anak. Tak hanya itu, Sandang Grosir juga mulai merambah produk hijab seperti aksesoris hijab dan sebagainya.

Dalam menjalankan usahanya ini, Bernika mengaku bahwa lembaga BSI Entrepreneur Center (BEC) sangat membantu dalam memberikan bimbingan bagaimana cara mengembangkan usahanya.

“Terima kasih BSI Enterpreneur Center (BEC) yang telah mendukung dan memberikan motivasi juga bimbingan bagi mahasiswa BSI melalui seminar dan kegiatan mentoring, sehingga mahasiswanya lebih giat lagi dalam mengembangkan usahanya. Nikmati prosesnya, terus gali kekurangan dari segi usaha anda dan kembangkan dengan tulus dan ikhlas,” imbuh Bernika.

Sementara itu, Fuad Nur Hasan selaku ketua BEC Universitas BSI mengomentari hal ini sebagai langkah positif yang dipilih oleh mahasiswa dalam mengembangkan usaha dengan melihat peluang sekitar.

“Bernika merupakan salah satu contoh mahasiswa yang mampu melihat peluang usaha di sekitar. Ia juga pandai memanfaatkan situasi warga yang kebanyakan adalah pemilik usaha konveksi. Selain memajukan usahanya, ia juga membantu usaha warga disekitar rumahnya. Semoga usaha yang dibangunnya terus maju,” tutup Fuad.

Artikel Asli