Viral! Pengendara Motor Plat AA Acungkan Jari Tengah ke Pesepeda

Nasional | ayosemarang | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 11:06
Viral! Pengendara Motor Plat AA Acungkan Jari Tengah ke Pesepeda

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Pengendara motor dengan Plat AA viral di twitter. Dari pantauan ternyata pengendara roda dua itu mengacungkan jari tengah pada rombongan pengendara sepeda.

Tak ayal, foto yang beredar luas itu menjadi perbincangan hangat. Ada komentar pro dan kontra terhadap foto yang sedang viral tersebut.

Dilansir dari Ayocirebon.com, Jumat 28 Mei 2021, akun resmi GoShow.CC menyebutkan bahwa kejadian itu terjadi di daerah Dukuh Atas ketika rombongan yang menggunakan lane kanan hendak kembali tetapi ada bus yang menghalangi pada persimpangan underpass.

Tiba-tiba muncul pengendara motor dari sebelah kiri dengan kecepatan tinggi dan langsung memberikan jari tengah pada pengendara.

Belum ada informasi lanjutan lainnya, tetapi di lini masa Twitter sudah ramai diperbincangkan. Banyak yang pro pada pengendara motor plat AA tersebut karena memang di ibu kota sudah disediakan jalur sepeda khusus.

Ada juga yang mengomentari kalau #sharetheroad yang dicetuskan oleh pesepeda tidak mencerminkan kejadian dilapangan yang mana dari foto terlihat pesepeda memenuhi hampir seluruh ruas jalan. Tapi tidak sedikit juga yang kontra dengan perilaku pengendara tersebut dengan mengatakan, "Berani beraninya ama pejuang antipolyusi ibukota"-
Asal Plat AA

Dilansir dari Autobild, perlu diketahui bahwa plat AA  ini merupakan plat nomor untuk kendaraan wilayah area dan kode antara Kebumen, Magelang, dan sekitarnya, Jawa Tengah maupun eks Karesidenan Kedu.

Kota Magelang memiliki kode plat nomor AA dan kode belakang *A/*H/*S/*U.

Kabupaten Magelang memiliki kode plat nomor AA dan kode belakang *B/*G/*K/*O/*T.

Purworejo memiliki kode plat nomor AA dan kode belakang *C/*L/*Q/*V.

Kabupaten Kebumen memiliki kode plat nomor AA dan kode belakang *D/*J/*M/*W.

Temanggung memiliki kode plat nomor AA dan kode belakang *E/*N/*Y.

Kabupaten Wonosobo memiliki kode plat nomor AA dan kode belakang *F/*P/*Z.

Aturan Bersepeda di Jalan Raya

Pemerintah sendiri sudah menetapkan aturan bersepeda di jalan raya melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 59 Tahun 2020 tentang keselamatan pesepeda di Jalan.

Berdasarkan aturan tersebut lajur sepeda adalah bagian Jalur yang memanjang, dengan atau tanpa marka Jalan, yang memiliki lebar cukup untuk dilewati satu sepeda, selain sepeda motor.

Perlengkapan aman bersepeda meliputi spakbor, bel, sistem rem, lampu, alat pemantul cahaya berwarna merah, alat pemantul cahaya roda berwarna putih atau kuning, dan pedal.

Secara tegas aturan tersebut menyebutkan pesepeda harus menggunakan sepeda secara tertib dengan memperhatikan keselamatan pengguna Jalan lain, memberikan prioritas pada pejalan kaki, dan menjaga jarak aman dari pengguna Jalan lain.

Pesepeda juga dilarang untuk mengemudikan sepeda berdampingan dengan kendaraan lain, kecuali ditentukan lain oleh Rambu Lalu Lintas dan berkendara dengan berjajar lebih dari dua Sepeda.

Lebih lengkapnya aturan mengenai keselamatan bersepeda dapat diakses di sini.

Artikel Asli