Warga Pesisir Selatan Diminta Waspadai Gelombang Tinggi

Nasional | republika | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 10:34
Warga Pesisir Selatan Diminta Waspadai Gelombang Tinggi

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika Juanda, Teguh Tri Susanto mengungkapkan, kondisi cuaca di sebagian besar wilayah perarian Jatim diperkirakan berawan dalam 24 jam ke depan. Adapun arah angin, kata Teguh, didominasi dari Timur menuju Tenggara.

Kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebasar 17 knots atau 32 kilometer per jam. Sedangkan kecepatan angin di Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 19 knots atau 35 kilometer per jam.

Kecepatan angin tersebut, kata Teguh, akan sangat berpengaruh terhadap ketinggian gelombang. "Waspada tinggi gelombang lebih dari 2,5 meter di perairan selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim," ujar Teguh, Jumat (28/5).

Teguh melanjutkan, untuk ketinggian gelombang laut di Selat Madura diperkirakan relatif lebih aman. Berkisar antara 0,3 hingga 1.3 meter. Sedangkan di Laut Jawa bagian timur, ketinggian gelombang diperkirakan antara 0,8 hingga 2,0 meter.

"Untuk yang di Samudera Hindia selatan Jatim tinggi gelombang berkisar antara 1,5 hingga 4,8 meter. Makanya harus waspada," kata Teguh.

Artikel Asli