Perusahaan ini edukasi perempuan menjaga kesehatan area kewanitaan

Nasional | brilio.net | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 10:20
Perusahaan ini edukasi perempuan menjaga kesehatan area kewanitaan

Brilio.net - Selama ini, menstruasi kerap dianggap tabu untuk dibicarakan. Padahal, masalah menstruasi sangat penting diketahui remaja putri untuk kesehatan. Sebab, kurangnya pengetahuan dan informasi para remaja putri maupun wanita Indonesia tentang kesehatan menstruasi dapat berakibat kurang baik bagi kesehatan area kewanitaan pada jangka panjang lho.

Sekadar informasi, hasil Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2017 menyebutkan, perilaku remaja putri dalam menjaga kebersihan pada saat menstruasi masih buruk, sekitar 63,9%, penyebabnya karena kurang pengetahuan dan informasi tentang personal hygiene pada saat menstruasi.

Karena itu perlu adanya pemberian informasi yang lengkap pada remaja putri dan wanita Indonesia untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mereka akan pentingnya menjaga kebersihan diri terutama saat menstruasi.

“Ternyata sampai saat ini perhatian dan kesadaran remaja putri dan wanita Indonesia masih kurang mengenai cara menjaga kebersihan menstruasi yang baik. Hal ini yang mendorong Softex untuk meningkatkan kesadaran tentang kebersihan menstruasi melalui Menstrual Hygiene Day,” ungkap Elizabeth Kurniadi, Brand Manager Softex.

Sebab, menjaga kebersihan saat menstruasi merupakan hal mendasar yang penting untuk diketahui semua wanita, namun sering kali hal ini justru terlupakan. Mayoritas wanita di Indonesia mengetahui tentang menstruasi setelah mengalami menstruasi pertama.

Nah dalam memeringati Menstrual Hygiene Day yang jatuh setiap 28 Mei, Softex sebagai pionir pembalut pertama di Indonesia, berinisiasi meningkatkan kesadaran seluruh wanita di Indonesia tentang pentingnya menjaga kebersihan menstruasi.

Salah satu caranya, mengedukasi wanita Indonesia dengan mengunjungi Lapas Wanita dan Panti Asuhan beberapa waktu lalu. Kunjungan ke Lapas Wanita Klas II A di Tangerang bertujuan memberikan donasi kebutuhan menstruasi sekaligus memberikan edukasi mengenai kebersihan area kewanitaan selama menstruasi.

Sementara, kunjungan ke Panti Asuhan di Kawasan Jakarta yakni Panti Asuhan Putra Utama 1, Duren Sawit, Jakarta Timur dan Panti Asuhan Katolik Pelayanan Kasih Bhakti Mandiri, Cibubur, Jakarta Timur selain memberikan donasi juga menggelar kegiatan Healthy Talkshow dengan menghadirkan Dokter Spesialis OBGYN, dr. Bram Pradipta SPOG sebagai narasumber dengan membahas mengenai kebersihan menstruasi.

“Menjaga kebersihan area kewanitaan masih menjadi hal yang perlu diperhatikan. Upaya yang harus terus kita lakukan adalah dengan menerapkan pola hidup bersih selama masa menstruasi. Perlu adanya penangan, pemilihan dan penggunaan produk yang tepat guna menjaga dan merawat kebersihan serta kesehatan area kewanitaan,” ujar dr Bram.

Jadi para wanita, selalu ingat untuk menjaga kebersihan area kewanitaan terutama pada masa menstruasi.

RECOMMENDED

5 Tanaman obat nyeri haid, aman dan bekerja dengan cepat

Viral cerita cewek tak bisa haid 10 bulan, penyebabnya bikin kaget

10 Manfaat bunga telang untuk kesehatan, melancarkan menstruasi

10 Adab wanita saat haid dalam ajaran agama Islam

7 Pose yoga ini mampu mengatasi masalah menstruasi

Artikel Asli