OKI Kutuk Serangan Israel ke Palestina di Dewan HAM PBB

Nasional | republika | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 10:17
OKI Kutuk Serangan Israel ke Palestina di Dewan HAM PBB

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) pada Kamis mengutuk serangan Israel baru-baru ini terhadap warga Palestina dan penggunaan "kekuatan mematikan" terhadap pengunjuk rasa dan kekerasan pemukim Yahudi yang disponsori negara.

Khalil Hashmi, duta besar Pakistan untuk PBB di Jenewa, berbicara atas nama OKI pada sesi khusus Dewan Hak Asasi Manusia yang beranggotakan 47 orang untuk membahas "situasi HAM yang serius" di wilayah Palestina yang diduduki.

"Atas nama negara-negara anggota OKI yang telah meminta rapat khusus ini, kami mengutuk keras agresi militer Israel baru-baru ini, penggunaan kekuatan mematikan terhadap pengunjuk rasa secara damai, dan kekerasan pemukim yang disponsori negara terhadap rakyat Palestina," ungkap Hashmi.

Pada sesi tersebut, OKI menyerukan penyelidikan khusus atas "kejahatan perang yang dilaporkan secara luas" yang dilakukan selama pertempuran 11 hari baru-baru ini yang dimulai pada 10 Mei.

"Kami juga menyesalkan tindakan yang tidak dapat diterima oleh pasukan Israel termasuk penyerbuan ilegal ke Masjid al-Aqsa, penggunaan kekerasan dan perusakan kesucian tempat ibadah selama bulan suci Ramadan," kata diplomat Pakistan itu.

"OKI mengutuk laju penggusuran ilegal dan pembongkaran rumah dan properti Palestina yang terus meningkat," imbuh dia.

Artikel Asli