Asosiasi Golf Muslim di Inggris Gelar Kompetisi

Nasional | republika | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 10:08
Asosiasi Golf Muslim di Inggris Gelar Kompetisi

IHRAM.CO.ID, LONDON --- Para pemain golf Muslim di Inggris akan bertemu untuk bersaing dalam sebuah kompetisi golf. Klub Golf Worsley Park di Manchester akan menjadi tuan rumah 'Muslim Golf Day yang berlangsung pada Jumat (28/5).

Kompetisi ini akan diikuti para pemain golf dari Manchester, London dan Skotlandia. Acara ini diselenggarakan oleh Asosiasi Golf Muslim (MGA). Namun kompetisi yang digelar pada besok juga terbuka untuk para pemain non Muslim.

Hanya saja banyak aturan di luar pertandingan yang menyesuaikan dengan ajaran Islam termasuk penyajian makanan halal. Selain itu dalam kegiatan itu juga tidak akan ada alkohol dan unsur perjudian. Tak hanya itu terdapat juga penjadwalan untuk ibadah bagi para pemain golf.

Pendiri MGA, yakni Amir Malik yang berusia 37 tahun dari Luton memaparkan latar belakang membuat acara tersebut. Itu semua tak lepas dari hobi para Muslim di Inggris bermain golf. Namun mereka kerap terkendala ketika bermain mengikuti klub golf. Para pemain Muslim sulit mencari waktu untuk bisa istirahat beribadah, selain itu mereka juga kerap mendapati hidangan yang disediakan dalam kegiatan bergolf adalah makanan tidak halal.

Amir menjelaskan bagaimana ia jatuh cinta dengan permainan golf sejak 2015 namun banyak klub golf di seluruh Inggris tidak inklusif untuk pemain Muslim.

"Saya beruntung bisa pergi ke banyak klub golf dan saya perhatikan bahwa sebagai orang berkulit cokelat, Anda tidak selalu diterima. Juga, saya menemukan bahwa saya tidak bisa terlibat dalam dalam hal duduk dan minum alkohol di bar dan ketika harus ibadah, Anda hampir harus pergi sembunyi-sembunyi. Saya sangat tertarik untuk melihat berapa banyak lagi Muslim yang bermain golf, dan itu adalah inspirasi saya untuk mendirikan MGA dan kami sekarang memiliki lebih dari 300 orang di database kami dan bermain di level yang sangat bagus." kata Amir seperti dilansir Golf Magic pada Kamis (27/5).

Turnamen ini akan menandai yang pertama dari tiga turnamen di MGA's Race to Arden yang disponsori oleh READ Foundation. Setelah acara di Worsley Park GC, lokasi kemudian akan berpindah ke The Shire di London sebelum ditutup di Forest of Arden di Birmingham.

Artikel Asli