Heboh Ganjar-Puan, Gerindra: Ada Peluang Prabowo Subianto Maju Pilpres dengan PDIP

Nasional | wartaekonomi | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 08:30
Heboh Ganjar-Puan, Gerindra: Ada Peluang Prabowo Subianto Maju Pilpres dengan PDIP

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, mengatakan bahwa hubungan partainya dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berlangsung baik. Muzani mengungkapkan adanya peluang jika Prabowo Subianto diusung oleh partai berlambang kepala banteng itu.

"Itu menjadi sebuah kemungkinan adanya peluang untuk dimungkinkannya Pak Prabowo maju bersama PDIP," ujarnya di Jakarta, Kamis (27/5).

Muzani mengatakan, hubungan Ketua Umum Gerindra Prabowo dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri juga disebutnya berlangsung baik. Bahkan, hubungan tersebut sudah terjadi sebelum Ketua Umum Partai Gerindra itu menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

"Baik dengan PDIP, hubungan Pak Prabowo yang baik dengan Ibu Mega saya kira saudara-saudara semua sudah tahu sejak beliau belum ditetapkan sebagai menteri pertahanan dan sampai sekarang hubungan itu baik," kata Muzani.

Muzani bersyukur jika elektabilitas Prabowo masih yang tertinggi dalam banyak survei sebagai calon presiden 2024. Namun, Partai Gerindra dan Prabowo disebut Muzani belum memutuskan hal tersebut.

Meskipun, mayoritas kader sudah menyampaikan dukungannya kepada Prabowo untuk maju sebagai calon presiden di 2024. Dukungan tersebut sudah disampaikan lewat dua forum besar partai, yakni rapat pimpinan nasional (Rapimnas) dan kongres luar biasa (KLB).

"Tetapi di dua forum ini Pak Prabowo meminta semua kader untuk sabar, jangan grasah-grusuh. Pak Prabowo mengatakan beri kesempatan saya untuk mengabdi, untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan Presiden," ujar Muzani.

Sebelumnya, Lembaga survei Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) merilis hasil surveinya terkait nama-nama yang dikaitkan menjadi calon presiden (capres) 2024. Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di urutan pertama dengan 17,01 persen.

"Anies Baswedan menjadi sosok kandidat calon presiden 2024 teratas dalam survei ini," ujar peneliti ARSC Bagus Balghi dalam rilis daringnya, Sabtu (22/5).

Nama Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di urutan kedua dengan 14,31 persen. Sementara, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di bawahnya dengan 11,25 persen.

Urutan keempat ada nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (6,87 persen), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (5,86 persen), dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (5,55 persen). Berikutnya, Tri Rismaharini (3,97 persen), Airlangga Hartarto (3,83 persen), dan Puan Maharani (2,48 persen).

Artikel Asli