Hindari! 7 Kebiasaan Buruk Bisa Merusak Wajah

Nasional | ayosemarang | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 08:42
Hindari! 7 Kebiasaan Buruk Bisa Merusak Wajah

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Banyak orang mendambakan kulit sehat, terawat sekaligus cantik sepanjang waktu. Namun setiap orang terkadang memiliki kebiasaan buruk dalam hal perawatan kulit wajah.

Entah itu tidak melepas riasan setiap malam, terlalu sering menyentuh wajah, atau tidak mencuci kuas riasan secara teratur. Padahal kebiasaan buruk tersebut akan lebih berbahaya seiring berjalannya waktu.

Alhasil, penting mengikuti panduan tentang kebiasaan sehari-hari agar kesehatan kulit tetap terjaga. Berikut kebiasaan paling umum dan sebaiknya segera dihindari atau diperbaiki, seperti dilansir di Emirates Woman, Kamis 27 Mei 2021.

1. Tidur dengan sarung bantal tua

Sarung bantal adalah salah satu area paling umum untuk menumpuk debu dan partikel yang tidak higienis. Meskipun hal ini kerap dianggap sepele, sarung bantal tua sebenarnya menyerap minyak tubuh, sel kulit mati, dan rambut dari waktu ke waktu, bahkan mungkin berubah menjadi lingkungan tempat tungau debu untuk tumbuh. Sebaiknya Anda rajin mengganti sarung bantal dan menjaga kebersihan pakaian ini mejadi penting.

2. Tidak minum cukup air

Dehidrasi menyebabkan munculnya jerawat, kulit kering, dan masalah kulit lainnya secara keseluruhan. Menurut Mayo Clinic, jika lapisan terluar dari epidermis tidak mengandung cukup air, kulit akan kehilangan elastisitas dan terasa kasar. Karena tubuh terdiri atas hingga 60 persen air, H2O dapat membantu kulit terlihat terbaik, membuatnya tetap awet muda saat melawan gravitasi.

3. Hindari tidur siang dengan riasan

Tidak sedikit yang pernah merasa bersalah karena terlalu malas melepas riasan pada malam hari. Jika ini terus berlanjut malam demi malam, hal itu menyebabkan pori-pori tersumbat seiring waktu, membuat kulit tidak punya waktu untuk mengisi kembali semalaman. Mengikuti kebiasaan menyimpan semua pembersih penghapus riasan di dekat meja samping tempat tidur, pasti akan memungkinkan kebiasaan sehari-hari untuk melepasnya.

4. Lupa memakai SPF

Sebaiknya, lakukan rutinitas pagi yang terdiri dari pemakaian formula yang mengandung SPF untuk melindungi kulit sepanjang. Pasalnya Anda akan terpapar sinar UVA dan UVB pada siang hari. Meskipun kehilangan kekuatan dalam rutinitas perawatan kulit, ahli kulit merekomendasikan tabir surya kepada pasien, karena cahaya yang berpotensi merusak kulit dapat menyebabkan efek jangka panjang yang merugikan.

5. Tidak mencuci kuas makeup

Sikat yang kotor dapat menyumbat pori-pori dan kelenjar minyak. Riasan lama yang menempel di kuas kotor dapat menyebabkan beberapa infeksi virus sehingga mengganggu kulit. Infeksi seperti mata merah muda dan infestasi dapat memicu masalah kulit.

6. Sering menyentuh wajah

Saat tangan bersentuhan dengan kuman yang berbeda sepanjang hari, penting untuk membiarkan area sensitif bebas dari semua bakteri. Sebab bakteri sering kali mudah berpindah dan dapat memengaruhi tekstur kulit dalam jangka panjang. Dengan menghilangkan kontak wajah dari tangan, Anda dapat menghindari penyebaran kotoran, minyak, dan sebisa mungkin mencegah munculnya jerawat.

Artikel Asli