5 Fakta Jaringan 5G yang Sudah Bisa Dinikmati Warga RI

Nasional | limapagi.com | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 07:14
5 Fakta Jaringan 5G yang Sudah Bisa Dinikmati Warga RI

LIMAPAGI – Indonesia resmi memasuki era baru untuk berkomunikasi. Kini, masyarakat bisa menikmati layanan jaringan internet 5G, dan secara bertahap tersebar di berbagai wilayah.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G.Plate. Dia mengatakan, telah mengeluarkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) Layanan 5G kepada salah satu operator seluler, Telkomsel.

Jaringan 5G sudah resmi diluncurkan di Indonesia pada, Kamis, 27 Mei 2021. Ada beberapa fakta menarik terkait sinyal internet canggih tersebut. Berikut daftarnya:

1. Telkomsel jadi Operator Seluler Pertama

Keputusan ini diberikan setelah PT Telkomsel menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO). Oleh karena itu Kominfo meresmikan operator seluler tersebut sebagai penyelenggara jaringan 5G pertama di Indonesia.

2. Telah Lulus Uji Layak Operasional (ULO)

Sebelumnya, Telkomsel juga sudah lulus Uji Layak Operasional (ULO) yang dilakukan pada 19 hingga 21 Mei 2021.

Tujuan ULO adalah memastikan layanan jaringan memenuhi standar kualitas. Ini dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Permen) Nomor 1 Tahun 2010 Pasar 82 ayat 1.

3. Pita Frekuensi

Telkomsel menggunakan pita frekuensi 2,3 GHz sebagai data jaringan 5G. Adapun untuk control plane nya memakai spektrum 1,8 GHz.

Nantinya kecepatannya jaringan 5G akan jauh lebih tinggi pada penggunaan secara bersamaan dalam jumlah yang banyak.

4. Layanan 5G Tak Perlu Ganti Kartu SIM

Pada Konferensi Pers yang ditayangkan di kanal YouTube resmi Kemenkominfo TV, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro, mengatakan, jika ingin menggunakan jaringan 5G pengguna Telkomsel tak perlu mengganti kartu SIM.

Namun, sayangnya Telkomsel belum merinci lebih lanjut soal mekanisme migrasi jaringan 5G tersebut.

5. Titik Lokasi di Tahap Awal Penyelenggaran 5G

Pada tahap awal peluncuran, layanan 5G komersial akan meluncur di enam lokasi residensial di Jabodetabek, yakni Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Widya Chandra, Bumi Serpong Damai, dan Alam Sutera.

Selain itu, layanan 5G akan digulirkan di beberapa kota, seperti Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.

Selanjutnya, penyelenggaraan layanan 5G akan dilakukan secara bertahap ke seluruh wilayah di Indonesia.

Artikel Asli