Masjid KH Hasyim Ashari Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Nasional | republika | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 07:03
Masjid KH Hasyim Ashari Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Raya KH Hasyim Ashari akan digunakan sebagai tempat isolasi terkendali pasien Covid-19. Masjid yang berlokasi di Cengkareng, Jakarta Barat, itu mulai digunakan jika fasilitas kesehatan yang tersedia di Ibu Kota sudah penuh.

Kepala Sekretariat Masjid KH Hasyim Ashari, Suprapto, mengatakan sebenarnya sudah sejak jauh-jauh hari mempersiapkan tempat isolasi di masjid itu. Dalam beberapa hari terakhir, persiapan sudah dirampungkan.

"Berhubung setelah libur mudik ada lonjakan jadi kita siap-siap kalau pasien meningkat. Masjid bisa jadi alternatif isolasi pasien Covid-19," kata Suprapto kepada wartawan, Kamis (27/5).

Suprapto menyebut, ruangan yang dijadikan tempat isolasi adalah aula lantai satu masjid. Aula itu dapat menampung sedikitnya 100 pasien. Pihak pemerintah kota pun telah datang untuk melihat kesiapan ruangan itu pada Kamis siang.

Suprapto menambahkan hingga Kamis malam belum ada pasien yang menjalani isolasi di aula masjid. "Sekarang belum ada. Kalau Wisma Atlet penuh, baru pasien bisa ke sini," ujarnya.

photo
Petugas memeriksa tempat isolasi di Masjid KH Hasyim Asyari atau Masjid Raya Jakarta, Cengkareng, Jakarta, Jumat (29/5/2020). Pemerintah Kota Jakarta Barat memfungsikan masjid tersebut sebagai lokasi isolasi bagi para pemudik yang kembali ke Jakarta untuk memutus penyebaran COVID-19. - (Antara/Rivan Awal Lingga)

Artikel Asli