Bolak-balik Jogja-Madura, Angkat Tema Sanitasi saat Debat

Nasional | radarjogja | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 07:09
Bolak-balik Jogja-Madura, Angkat Tema Sanitasi saat Debat

RADAR JOGJA – Aktivitas belajar daring dengan mengoptimalkan media digital menjadi kebiasaan baru di tengah Pandemi Covid-19 ini. Meski begitu tak menyurutkan semangat Athi’ Nur Auliati Rahmah untuk menuai prestasi. Seperti apa perjuangannya hingga dia menoreh prestasi?

Perasaan bahagia menyelimuti hati Athi’ Nur Auliati Rahmah. Mahasiswi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Tidak dinyana-nyana perjuangannya selama ini untuk mengikuti program pemilihan mahasiswa berprestasi (Mapres) di kampusnya membuahkan hasil.

Pada 17 Mei 2021 lalu, dia dinobatkan sebagai pemenang Mapres di kampusnya. Berikutnya, dia akan mewakili UNY dalam Pilmapres 2021 di jenjang Nasional.  Salah satu ajang prestasi bergengsi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia untuk mahasiswa program sarjana dan diploma. “ Alhamdulillah , merasa senang, bersyukur, dan bangga bisa bersaing dengan para perwakilan terbaik fakultas-fakultas di UNY,” ungkapnya belum lama ini.

Menurutnya, semua proses capaiannya tidaklah mudah. Dia sempat pesimis, khawatir tidak bisa kembali ke kampus karena adanya pembatasan atau pelarangan mudik. Kala itu dia tengah berjuang keras menyelesaikan tugas sebagai mahasiswa mengajar untuk mengabdi dalam program Kampus Mengajar 2021 Kemdikbud-ristek RI di pelosok Madura. Sementara dia harus meluncur ke DIJ untuk mempersiapkan diri dan menjalani seleksi final.

Beruntung dia dibantu para dosen di FMIPA dengan mempersiapkan surat jalan resmi. Sehingga berbekal syarat-syarat protokol kesehatan lainnya, dia akhirnya sampai ke Jogja. Usahanya tidak sia-sia ketika diputuskan menang dan menjadi mapres  UNY. “Semua berkat dukungan dosen dan fakultas lainnya,” ujarnya.

Diceritakan, sejak awal, mulai dari seleksi di Fakultas pada Februari lalu, dia meraih juara 1 mewakili FMIPA di UNY. Athi’ menceritakan proses seleksi yang dihadapinya yang penuh perjuangan. Untuk mempersiapkan dokumen-dokumen penunjang, ia kerap ngebut mengikuti berbagai perlombaan, baik karya imiah maupun keterampilan. Sampai-sampai ia kerap lembur dan harus multitasking dengan kewajiban lainnya. Selain itu ia juga melatihan kecakapan berbicara, menjawab pertanyaan, dan lainnya. Yang semua itu tak lepas dari bimbingan langsung para dosen. Hingga dia rela bolak-balik Jogja-Madura akibat pembelajaran masih daring.

Pada 5 Mei 2021, ia menjalani tes daring meliputi tes kepribadian dan wawancara di Laboratorium Fotografi FMIPA. Lagi-lagi kendala menghadang. Tiba-tiba laptopnya rusak, layarnya retak di perjalanan menuju kampus. Seketika hendak menjalani tes. Tak kehabisan akal, terpaksa dia menggunakan komputer laboratorium.

Dia beruntung, proses kegiatan secara daring berjalan lancar karena seluruh peralatan telah disiapkan dengan baik. Ia dibantu para dosen-dosennya. Pagi-pagi sekali telah menyiapkan alat-alat, mulai dari persiapan kestabilan sinyal, komputer, pengondisian tempat, pemasangan latar greenscreen , pencahayaan, dan karya-karya penunjang untuk dipresentasikan. “Seperti poster, prototype dan foto-foto kegiatan,” bebernya

Lalu di sesi tes gagasan tertulis, Athi’ mengangkat topik gagasan tertulis Sustainable Development Goals (SDGs) ketiga ( good health and well being ) dan keempat ( quality education ) yang relevan dengan kompetensinya sebagai mahasiswa jurusan Fisika. Sementara untuk tes speech , ia memilih topik SDGs keenam (clean water and sanitation ) karena topik tersebut ia anggap sesuai dengan pengalaman yang digelutinya ketiga bertugas sebagai Duta Sanitasi Jawa Timur. “ Alhamdulilah berjalan baik,” ungkapnya.

Athi’ merupakan mahasiswi penuh prestasi. Dia aktif dalam berbagai ajang prestasi dan talenta fisika, karya ilmiah dan seni yang menurutnya dapat menjadi praktik penerapan metode Science, technology, engineering, arts, and mathematics (STEAM) serta integrasi antara penalaran dan keterampilan. Dia juga Aktif dalam publikasi ilmiah nasional dan internasional sebagai first-author, co-author , dan presenter. (mel/pra)

Artikel Asli