Vaksin Astra Zeneca Dapat Digunakan Kembali

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 06:57
Vaksin Astra Zeneca Dapat Digunakan Kembali

JAKARTA -Vaksin Covid-19 AstraZeneca nomor bets CTMAV 547 dapat digunakan kembali. Badan Pengawasan Obat dan Makanan (Badan POM) yang telah menerbitkan Laporan Pengujian vaksin tersebut menyimpulkan, toksisitas abnormal dan sterilitas vaksin memenuhi syarat mutu dan aman digunakan.

"Berdasarkan hasil pengujian tersebut, dapat disimpulkan bahwa tidak ada keterkaitan antara mutu vaksin Covid-19 AstraZeneca nomor bets CTMAV 547 dengan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang dilaporkan," demikian pernyataan tertulis Badan POM, Kamis (27/5).

Sebelumnya, terdapat dugaan vaksin AstraZeneca bets CTMAV 547, menjadi penyebabmeninggalnya salah seorang penerima vaksinasi bernama TrioFauqiVirdaus(22 tahun).Sebagai bagian dari investigasi terhadap vaksin Covid-19 tersebut Komnas KIPI dan lembaga tersebut lalu menguji mutu vaksin melalui uji sterilitas dan uji toksisitas abnormal di Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPPOMN) Badan POM.

"Uji mutu dilakukan sebagai tindakan untuk mengetahui adanya keterkaitan antara mutu produk vaksin dengan KIPI yang dilaporkan, khususnya untuk mengetahui konsistensi mutu vaksin pada saat pendistribusian dan penyimpanan terhadap hasil lot release yang telah dilakukan sebelum vaksin diedarkan," jelas Badan POM.

Dari hasil pengujian Badan POM menyatakan terus mengawasi mutu vaksin Covid-19 pada saat sebelum diedarkan dengan penerbitan lot release. Sedangkan saat di peredaran Badan POM melakukan pengambilan sampel dan pengujian mutu secara periodik.

"Badan POM bersama Kementerian Kesehatan RI dan Komnas PP KIPI terus memantau keamanan vaksin yang digunakan di Indonesia dan menindaklanjuti setiap Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi," lanjut Badan POM.

Artikel Asli