Indonesia Datangkan Vaksin CanSino Juni 2021, Sekali Suntik Saja!

Nasional | ayosemarang | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 07:41
Indonesia Datangkan Vaksin CanSino Juni 2021, Sekali Suntik Saja!

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- PT Kimia Farma Tbk akan mendatangkan vaksin Covid-19 merek CanSino. Vaksin Covid-19 merek CanSino ini direncanakan tiba di Indonesia pada Juni 2021.

Corporate Secretary Kimia Farma, Ganti Winarno menjelaskan, pihaknya sudah mencapai kesepakatan dengan CanSino untuk mendatangkan 5 juta dosis vaksin.

Vaksin CanSino akan dijual ke perusahaan swasta dalam skema Vaksinasi Gotong Royong atau vaksinasi mandiri.

"Terkait dengan vaksin CanSino kita semuanya juga berupaya termasuk juga dari sisi bagaimana supply vaksin Sinopharm itu bisa segera datang. Kita harapkan sih bulan depan (Juni) sudah ada supply masuk baik itu dari Sinopharm maupun CanSino," kata Ganti dikutip dari Suara.com, Kamis, 27 Mei 2021.

Selain CanSino, Kimia Farma kata Ganti, juga masih menunggu kedatangan Vaksin Sinopharm yang baru datang 482.400 dosis dari 7,5 dosis yang disepakati.

"Kesepakatan dengan Sinopharm China yang akan dikirim ke Indonesia sebesar 7,5 juta dosis dan ini akan dikirimkan secara bertahap. Hingga saat ini lebih dari 70.000 yang sudah kita distribusikan dan ini terus bergerak dari hari ke hari," jelasnya.

Di Indonesia, Kedua jenis vaksin ini akan digunakan untuk program Vaksinasi Gotong Royong atau vaksinasi mandiri, pembiayaannya ditanggung penuh oleh perusahaan kepada karyawannya.

Diketahui, Vaksin CanSino buatan perusahaan farmasi China, CanSino Biologics Inc mengembangkan vaksin Covid-19 bernama Ad5-nCoV, ia memiliki keunggulan hanya perlu satu kali suntik atau dosis tunggal.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga tengah memeriksa izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin CanSino.

Artikel Asli