Loading...
Loading…
6 Cara memilih ikan yang segar dan berkualitas baik

6 Cara memilih ikan yang segar dan berkualitas baik

Nasional | brilio.net | Kamis, 27 Mei 2021 - 23:59

Brilio.net - Ikan adalah salah satu bahan makanan yang memiliki banyak nutrisi serta bermanfaat bagi tubuh. Ikan kaya akan asam lemak omega 3, protein, vitamin, mineral, dan karotenoid. Ikan dapat diolah menjadi berbagai masakan sesuai selera.

Supaya nutrisi dan kualitasnya masih bagus, alangkah baiknya kamu pilih ikan yang masih segar. Jika tidak segar, manfaat dan gizi pada ikan pun tidak maksimal.

Supaya lebih mudah memilih ikan masih segar tahu tidak, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan. Intip ulasan dan caranya seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/5). 1. Cek mata ikan.

foto: freepik.com

Mata ikan yang masih segar terlihat lebih terang dan jernih jika dibandingkan dengan ikan yang memiliki kualitas lebih rendah. Selain terang dan jernih, bola mata ikan cenderung berwarna hitam. Jika diraba, permukaan mata akan terlihat lebih kenyal dan menonjol. 2. Perhatikan sisik ikan.

foto: freepik.com

Ikan yang masih segar dan berkualitas baik dapat dilihat dari sisik serta kulitnya. Sisik ikan dan kulit ikan terlihat lebih terang serta mengkilap. Berbanding terbalik dengan ikan yang sudah tidak bagus, sisik dan kulitnya kusam. 3. Cek insang ikan.

Baca Juga :
Jaga Imun Masa Pandemi Covid-19, Mahasiswa KKN Undip Sosialisasikan Pola Hidup Sehat

foto: freepik.com

Angkat penutup insang di sisi kepala ikan. Jika insang tersebut berwarna merah segar dan bersih, maka ikan tersebut masih berkualitas baik. Namun, jika insang sudah berwarna abu atau kecokelatan, tandanya ikan tersebut sudah tidak segar. 4. Cek bagian perut.

foto: freepik.com

Ikan yang memiliki perut kenyal dan bisa kembali ke bentuk semula saat ditekan, tandanya ikan tersebut masih segar dan berkualitas baik. Sedangkan jika perut terasa lunak menandakan ikan tersebut memiliki kualitas yang kurang. 5. Perhatikan daging ikan.

foto: freepik.com

Ikan yang masih segar memiliki warna daging lebih jernih. Sedangkan ikan yang sudah tidak segar memiliki warna daging kusam. Nggak cuma itu saja, daging ikan yang sudah tidak segar akan mudah hancur. 6. Cium aroma ikan.

foto: freepik.com

Ikan yang masih segar dan berkualitas baik memiliki aroma yang segar dan khas. Jika kamu mencium aroma menyengat dan sangat amis, dipastikan jika ikan tersebut sudah tidak segar. RECOMMENDED

5 Tips membuat vla anti gagal, cocok untuk puding dan kue

Baca Juga :
Sambut Ramadan, Ini 5 Tips Pilih Daging Merah Segar dan Berkualitas

5 Cara mudah menghilangkan bau amis ikan salmon

7 Cara membuat daging rendang empuk dan tidak mudah hancur

7 Jenis kecap dan kegunaannya, jangan sampai tertukar

5 Cara merawat teflon agar tetap awet dan tidak tergores

Original Source

Topik Menarik

{