6 Cara memilih buah semangka yang manis dan segar

Nasional | brilio.net | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 01:21
6 Cara memilih buah semangka yang manis dan segar

Brilio.net - Semangka jadi salah satu buah yang banyak disukai orang. Semangka cocok dikonsumsi jadi buah harian, bisa pula disajikan sebagai hidangan pencuci mulut. Buah yang satu ini begitu manis dan menyegarkan karena mengandung banyak air.

Semangka mengandung banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan antioksidan semangka bisa membantu mengurangi risiko stroke dan efektif menurunkan tekanan darah. Semangka juga dikenal sebagai buah rendah kalori dan lemak.

Kendati identik punya rasa manis, tapi terkadang masih sering dijumpai semangka yang rasanya kurang manis lho. Alih-alih sedap saat disantap, yang ada justru beberapa semangka rasanya asam.

Penasaran bagaimana bisa memilih semangka dengan rasa manis? Berikut enam cara mudah menemukan semangka yang tepat, brilio.net rangkum dari beberapa sumber pada Jumat (28/5).

1. Lihat bagian warna kuning pada kulit.

foto: freepik.com

Biasanya terdapat bercak kuning pada kulit semangka. Semakin banyak dan lebar bercak tersebut, artinya semangka telah ditanam cukup lama. Sebaliknya, jika semangka hanya memiliki ukuran bercak kecil dan lebih pucat, tandanya belum matang sempurna dan rasanya kurang manis.

2. Lihat bercak cokelat pada kulit semangka.

foto: freepik.com

Jika kulit semangka memiliki banyak bercak berwarna cokelat menyerupai sarang laba-laba, berarti rasa dagingnya bakal manis. Bercak tersebut sebagai tanda bahwa sudah pernah ada lebah untuk penyerbukan. Sehingga terbentuklah bercak seperti sarang laba-laba ini.

3. Periksa tangkai buah semangka.

foto: freepik.com

Apakah semangka sudah matang dan manis, kamu bisa melihat dari tangkai buahnya. Jika tangkai berwarna hijau dan sulit dicabut dari buah, tandanya semangka masih belum matang. Sebaliknya, buah semangka sudah matang dan manis apabila tangkainya kering dan mudah dicabut.

4. Perhatikan berat buah.

foto: freepik.com

Saat memilih semangka, sebaiknya hindari buah yang paling besar maupun paling kecil. Pilih buah yang terasa berat karena isinya, bukan melalui besar atau kecilnya ukuran. Semangka dengan kualitas baik dan rasa yang manis biasanya memiliki ukuran yang sedang-sedang saja.

5. Perhatikan semangka jantan dan betina.

foto: freepik.com

Sebagian orang percaya semangka punya jenis kelamin selayaknya manusia. Biasanya semangka jantan memiliki bentuk besar dan memanjang, rasanya pun lebih berair namun tidak terlalu manis. Sementara semangka betina bentuknya lebih bundar dan rasanya sangat manis.

6. Ketuk buah semangka.

foto: freepik.com

Ketuk semangka menggunakan jari untuk mencari tahu apakah sudah matang atau belum. Jika mengeluarkan suara berat dan penuh saat diketuk, itu berarti buah semangka sudah matang sempurna. Sedangkan jika semangka mengeluarkan suara lebih nyaring, tandanya daging buah masih memiliki banyak rongga dan belum bisa dianggap matang.

RECOMMENDED

10 Resep olahan semangka, enak, sederhana, dan bikin nagih

5 Cara membuat masker semangka, bikin kulit wajah glowing

10 Resep minuman segar berbahan semangka, mudah dan cepat dibuat

10 Manfaat semangka untuk kesehatan, mengurangi risiko kanker

Kulit semangka ternyata bisa obati jerawat, ini penjelasannya

Artikel Asli