5 Cara merawat spatula kayu agar awet dan bebas jamur

Nasional | brilio.net | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 01:42
5 Cara merawat spatula kayu agar awet dan bebas jamur

Brilio.net - Bagi kamu yang hobi masak, pasti pernah menggunakan spatula berbahan dasar kayu. Spatula kayu bisa dipakai untuk mengolah tumisan dan menu lain. Spatula jenis ini dianggap lebih awet dibanding bahan lain. Spatula kayu juga dinilai cocok dan bisa merawat wajan. Tidak membuat wajan tetap mulus, terbebas dari goresan.

Namun bukan berarti spatula akan selalu awet jika tidak dirawat dengan benar. Kamu pun perlu memperhatikan spatula ini dengan baik. Jika tidak, spatula kayu akan berjamur serta menjadi sarang bakteri.

Bagaimana cara membuat spatula kayu awet dan bebas jamur? Yuk simak lima langkah mudah merawat spatula kayu, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (28/5).

1. Bersihkan spatula seminggu sekali.

foto: freepik.com

Bersihkan spatula kayu dengan air sabun hangat. Setelah itu letakkan spatula pada tempat yang datar. Tuangkan hidrogen peroksida 3 persen ke spatula tersebut. Diamkan selama 15 menit, bilas dengan air mengalir sampai bersih, dan keringkan dengan angin alami.

2. Gunakan garam dan lemon.

foto: freepik.com

Cuci spatula kayu dengan air panas dan sabun. Setelah sabun dibilas, tuangkan garam di atasnya. Kemudian gosok lemon di permukaan spatula. Jika sudah, bilas dengan air dingin dan jemur di bawah sinar matahari.

3. Rendam dengan cuka putih.

foto: freepik.com

Rendam spatula kayu pakai cuka putih selama beberapa jam. Setelah itu angkat spatula kayu, bilas dengan air mengalir, lalu keringkan pakai lap yang bersih.

4. Olesi minyak kelapa.

foto: freepik.com

Spatula kayu yang sering digunakan dan sering dicuci akan mengurangi kelembaban. Dengan demikian, spatula jadi rawan patah. Nah, kamu bisa mengatasi hal ini dengan cara mengolesi spatula dengan minyak kelapa secara merata. Biarkan meresap semalaman. Jika sudah, cuci spatula sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, langkah ini dapat kamu lakukan satu bulan sekali.

5. Gunakan amplas.

foto: freepik.com

Spatula yang terus menerus dipakai akan terlihat menjadi lusuh. Agar spatula kayu tetap terlihat bersih, kamu dapat mengikis permukaannya dengan amplas. Cara ini dapat menghilangkan tekstur kasar yang ada pada spatula kayu.

RECOMMENDED

Mengenal 5 Jenis loyang kue dan kegunaannya, cocok untuk pemula

6 Jenis pisau dapur dan fungsinya, kenali perbedaannya

6 Cara membersihkan wajan gosong dengan bahan dapur

5 Cara merawat teflon agar tetap awet dan tidak tergores

6 Cara mudah mengasah pisau dapur, tajam bak beli baru

Artikel Asli