Kaltim Blackout Trending di Jagat Maya, Ini Penjelasan PLN

Nasional | okezone | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 01:45
Kaltim Blackout Trending di Jagat Maya, Ini Penjelasan PLN

SAMARINDA - Pemadaman listrik terjadi di Kalimantan Timur sejak Kamis 27 Mei 2021 siang, bahkan tagar #KaltimBlackout trending di Twitter. Pemadaman terjadi pukul 13.30 Wita hampir seluruh wilayah Kaltim diakibatkan gangguan lepas saluran udara tegangan tinggi atau sutet antara gardu Tengkawang dan Embalut.

Setelah delapan jam padam, baru sebagian daerah yang kembali normal. Pemulihan masih berlangsung sampai saat ini.

Adapun pemadaman listrik terjadi di kawasan yang tergabung dalam interkoneksi Sistem Mahakam. Meliputi Tanah Grogot, Paser, Balikpapan, Kutai Kartanegara, Samarinda, bontang hingga Kutai Timur.

xe2x80x9cDari investigasi awal disinyalir ada gangguan lepas saluran udara tegangan tinggi (sutet) antara Gardu Induk Tengkawang ke Embalut. Akibatnya seluruh pembangkit interkoneksi antara Kalsel dan Kaltim shutdown,xe2x80x9d ungkap GM PLN UIW Kaltimtara, Saleh Siswanto, dalam konferensi pers virtual pada Kamis (27/5/2021) sore.

Adapun sistem pembangkit listrik Kaltim terdiri dari tenaga diesel, gas dan uap. Dari ketiganya yang bisa merespons cepat untuk menormalkan kondisi hanya dua pembangkit, yakni pembangkit listrik tenaga gas dan uap. Namun demikian, kedua pembangkit tersebut tak mampu men-cover semua daerah di provinsi ini lantaran hanya memiliki kapasitas 250 Megawatt (Mw). Jika dikalkulasikan, mulai Tanah Grogot hingga ke Sangatta, beban listrik yang dibutuhkan bisa mencapai 525 Mw.

xe2x80x9cJika PLTU mengalami shutdown perlu waktu 6 sampai 8 jam untuk kembali normal, imbuhnya

Di sejumlah daerah listrik perlahan-lahan normal sejak pukul 16.00 Wita, seperti ditemui di Balikpapan, Bontang dan Samarinda. Meski demikian, bukan berarti seluruh daerah di kota tersebut kembali teraliri setrum. Untuk bisa kembali normal, setidaknya diperkirakan terjadi pada pukul 21.00 Wita.

xe2x80x9cSaat ini, beberapa PLTU di beberapa daerah sedang berusaha untuk masuk sistem. Mulai PLTU Teluk Balikpapan, PLTU Tanjung Batu, PLTU CFK Embalut, dan PLTU Bontang. Jika semua pembangkit ini masuk sistem, maka blackout bisa diatasi,xe2x80x9d tegasnya.

Dia pun meminta maaf kepada seluruh warga Kaltim atas kejadian ini. Dan berharap pemadaman tak sampai tengah malam nanti. xe2x80x9cKita berdoa saja sistem kembali normal,xe2x80x9d pungkasnya.

Dari pantauan wartawan di samarinda, tepat pukul 23.50 Wita Listrik di samarinda kembali normal.

'

Artikel Asli