Loading...
Loading…
Panglima Tunjuk Mayjen Dudung Abdurachman Jadi Pangkostrad

Panglima Tunjuk Mayjen Dudung Abdurachman Jadi Pangkostrad

Nasional | republika | Rabu, 26 Mei 2021 - 09:58

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, melakukan sejumlah mutasi dan rotasi jabatan di lingkungan TNI. Dari rotasi yang dilakukan terhadap 80 perwira tinggi (pati) itu, Panglima Kodam Jaya, Mayjen TNI Dudung Abdurachman, ditunjuk untuk menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

"Dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karir serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, kembali melakukanmutasidan rotasijabatandi lingkungan TNI," bunyi keterangan resmi Mabes TNI, Selasa (25/5) malam.

Mutasi dan promosi jabatan 80 pati TNI itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/435/V/2021tanggal25 Mei2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalamjabatandi lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Dari jumlah tersebut, 46 di antaranya merupakan pati TNI AD,15pati TNI AL, dan19pati TNI AU.

Dari nama-nama yang dirotasi, terdapat nama Letjen TNI Doni Monardo yang digantikan oleh Letjen TNI Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Doni memasuki usia pensiun dalam waktu dekat sehingga ia dirotasi menjadi pati Mabes TNI AD.

Baca Juga :
Letjen Kopassus Ini Pun Resmi Meninggalkan Markas Kostrad Menuju Tugas Barunya

Kemudian, Letjen TNI Eko Margiyono, dari yang sebelumnya menjabat sebagai Pangkostrad kini ditunjuk menjadi Kasum TNI menggantikan posisi Ganip. Mayjen TNI Dudung Abdurachman, dari yang sebelumnya Pangdam Jaya ditunjuk menjadi Pangkostrad menggantikan Eko. "Mayjen TNI Mulyo Aji, dari Aspers KSAD menjadi Pangdam Jaya," terang keterangan resmi itu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Letjen TNI Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pelantikan yang berlangsung di Istana Negara, Selasa (25/5) siang, ini berdasarkan Keppres nomor 79P tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala BNPB.

"Sebelum saya mengambil sumpah berkenaan dengan pengangkatan Saudara sebagai Kepala BNPB, terlebih dahulu saya akan bertanya kepada Saudara. Bersediakah Saudara diambil sumpah?" tanya Presiden Jokowi sebelum memimpin pengambilan sumpah.

Ganip Warsito, yang sebelumnya menjabat Kepala Staf Umum TNI, menggantikan Doni Monardo yang menjabat Kepala BNPB sejak 2019. Doni, yang juga menjadi Ketua Satgas Penanganan Covid-19, akan masuk periode pensiun per 1 Juni 2021 nanti.

Baca Juga :
Penampakan Dudung Abdurachman Masuki Markas Kostrad, Disambut Pasukan Cakra

Ganip juga segera mengemban jabatan sebagai Ketua Satgas Penanganan Covid-19 menggantikan Doni. Jabatan ini memang melekat dengan posisi Kepala BNPN.

Original Source

Topik Menarik

{