Loading...
Loading…
Jokowi: Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Kita Tak Boleh Lengah

Jokowi: Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Kita Tak Boleh Lengah

Nasional | inewsid | Kamis, 20 Mei 2021 - 13:02

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyerukan kepada seluruh kepala daerah untuk memantau terus-menerus indikator pengendalian pandemi di wilayah masing-masing. Langkah ini penting untuk mencegah agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19.

Jokowi mengingatkan, saat angka penyebaran Covid-19 sedang tinggi-tingginya beberapa bulan lalu, tingkat keterisian tempat tidur untuk perawatan (Bed Occupancy Ratio/BOR) di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran pernah sampai 90 persen. Berkat berbagai upaya penanganan dan pencegahan yang dilakukan setelahnya, angka tersebut dapat berangsur turun. Kemarin, BOR Wisma Atlet tinggal 15 persen.

Akan tetapi, pandemi Covid-19 belum berakhir. Kita tidak boleh lengah, kata Jokowi, Kamis (20/5/2021).

Terkait itu, Jokowi menekankan kepada para kepala daerah untuk memantau terus-menerus indikator pengendalian pandemi di daerah masing-masing. Dengan begitu, pemerintah daerah dapat segera menyiapkan langkah taktis dan terukur dalam menekan penyebaran kasus di wilayah mereka.

Menurut Jokowi, penegasan tentang pentingnya memantau indikator pengendalian itu telah disampaikan saat dirinya bertemu forum koordinasi pimpinan daerah di Provinsi Riau di Pekanbaru dan Provinsi Kepulauan Riau di Tanjungpinang.

Menurut Jokowi, kedua provinsi ini masih perlu meningkatkan manajemen penanganan pandemi untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19.

Jokowi menjelaskan, di Provinsi Riau hanya indikator perawatan yang sudah memadai. Sementara untuk pelacakan dan angka tes masih kurang baik.

Testing coba levelnya terbatas artinya belum baik. Tracing juga levelnya terbatas. Yang treatment itu bagus memadai. Artinya di sini yang diberikan ditesting dan tracing yang masih kurang karena masih pada level terbatas. Seperti testing 37,25, tracing juga masih kecil 0,43, kata Kepala Negara.

Jokowi juga menyoroti BOR di Provinsi Riau yang saat ini tertinggi kedua di Indonesia.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{
{