Berawal Unggahan Medsos Tangkap Dua Tersangka Pungli Parkir GL Zoo

radarjogja | Nasional | Published at 18/05/2021 20:30
Berawal Unggahan Medsos Tangkap Dua Tersangka Pungli Parkir GL Zoo

RADAR JOGJA – Tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) Polresta Jogja bergerak cepat atas aduan masyarakat di area parkir Gembira Loka Zoo (GL Zoo). Berawal dari sebuah unggahan di sosial media. Keluhan tentang pungutan parkir yang melebihi batas normal retribusi.

Dalam unggahan tersebut, seorang warga mengeluhkan pembayaran parkir mencapai Rp 25 ribu. Selain itu juga ada paksaan untuk memarkirkan kendaraan di sisi timur GL Zoo. Padahal kondisi parkir di sisi halaman GL Zoo masih sepi.

“Iya benar tim Saber Pungli Polresta langsung merespon keluhan tersebut. Berupa pungutan liar parkir sebesar Rp 25 ribu. Kami datangi dan tindak langsung di parkir Mitra dan Sri Rejeki,” jelas Kasubag Humas Polresta Jogja AKP Timbul Sasana Raharjo dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (18/5).

Dari hasil penyelidikan, diketahui bahwa pengelola parkir tak mengantongi surat ijin pengelolaan tempat khusus parkir. Bahkan karcis retribusi juga tidak resmi. Artinya tidak ada satupun hasil pungutan yang masuk ke kas pemerintah.Penyidik tim Saber Pungli Polresta Jogja berhasil mengamankan dua tersangka. Tepatnya Sabar Susilo dan Anton Soeharwendy. Keduanya bertindak sebagai pemungut dan pengelola lokasi parkir.

“Dari kedua tangan tersangka berhasil kami amankan 1 lembar karcis parkir mobil senilai Rp 20 ribu beserta uang tunai Rp 20 ribu. Lalu 1 bendel lembar karcis parkir Rp. 20 ribu dan uang tunai Rp. 120 ribu. Masih ada 1 lembar karcis parkir SRI REJEKI sepeda motor Rp 5 ribu dan mobil Rp 25 ribu. Beserta 1 bendel karcis parkir Sri Rejeki dan uang tunai Rp 20 ribu,” katanya.

Terhadap kedua tersangka, penyidik menjerat dengan Perda Kota Jogja Nomor : 2 Tahun 2019 tentang Perparkiran. Berupa sanksi tindak pidana ringan. Keduanya akan menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Kota Jogja, Rabu (19/5).

Timbul berpesan agar warga berani melaporkan atas adanya pungli. Selain itu juga tidak parkir di sembarang tempat. Lokasi parkir resmi GL Zoo sendiri berada di halaman sisi timur dan sisi barat.

“Kedua tersangka besok ini sidang tipiring di PN Kota Jogja. Nah kalau untuk masyarakat silakan lapor kalau ada pungli, termasuk tarif parkir yang nutuk,” ujarnya.(dwi/sky)

Artikel Asli