Loading...
Loading…
5 Cara Melangsingkan Tubuh setelah Makan Banyak selama Lebaran

5 Cara Melangsingkan Tubuh setelah Makan Banyak selama Lebaran

Nasional | limapagi.com | Senin, 17 Mei 2021 - 20:44

LIMAPAGI Setelah berpuasa sebulan, perayaan Idul FItri seolah menjadi kesempatan untuk menikmati berbagai makanan yang menggugah selera. Padahal, makanan khas Lebaran itu banyak yang mengandung santan sehingga memiliki kalori yang tinggi.

Jika kamu tidak bisa mengontrol asupan makanan selama Lebaran, maka jangan kaget jika berat badan kamu bertambah dari bentuk semula.

Karenanya pasca Lebaran, kamu mesti kembali melakukan diet untuk mengembalikan berat badan semula. Melansir dari Timesofindia , Senin, 17 Mei 2021, inilah lima cara yang bisa kamu lakukan untuk kembali langsing pasca Lebaran. 1. Banyak minum air putih

Cara pertama adalah cara yang paling sederhana yakni banyak minum air putih. Sebaiknya, kamu minum dua gelas sebelum makan karena dapat mengurangi asupan makan serta keinginan untuk makan banyak.

Manfaat lainnya dari banyak minum air putih adalah ketika tubuh terhidrasi, maka pengeluaran energi saat istirahat akan meningkat yang berarti bisa membakar kalori di tubuh kamu lebih cepat. 2. Mengontrol porsi makan (Pexels/@Oleg Magni) Mengontrol porsi makan

Setelah puasa sebulan penuh, tubuh akan terbiasa dengan jadwal makan puasa kamu yakni saat subuh dan magrib. Ketika puasa selesai, tubuh masih belum beradaptasi dengan jadwal makan yang baru.

Baca Juga :
Miliki Wajah dengan Lemak Berlebih? Berikut 8 Tips Efektif untuk Menghilangkannya

Sebagai alternatifnya, kamu bisa mulai mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil dahulu dan mengurangi interval antara waktu makan yang terlalu jauh (atau kembali ke jam makan normal). Jika ingin menjaga berat badan, mulailah makan buah-buahan dan sayuran segar. 3. Mempraktikan makan secara perlahan

Jika saat Lebaran kemarin kamu melakukan cara makan yang salah, maka kali ini kembali ke cara yang benar. Usahakan untuk berlatih makan secara perlahan.

Cara ini akan membantu kamu mengenali sinyal tubuh saat mulai merasa kenyang. Perhatikan sinyal-sinyal ini dan jangan makan berlebihan setelah tubuh sudah memberikan sinyal kenyang. 4. Melakukan olahraga ringan (Pexels/@Daniel Reche) Melakukan olahraga ringan

Selain memperhatikan apa yang kamu makan, penting juga bergerak agar tubuh bisa mengeluarkan kalori. Untuk memulainya, bisa dengan cara yang tidak terlalu berat yakni berjalan kaki selama 30 menit rutin setiap hari.

Berjalan kaki akan bermanfaat untuk mengembalikan berat badan kamu. Jika sudah kembali terbiasa, mulailah secara bertahap melakukan olahraga kardio seperti lari dan lompat tali ke dalam aktivitas rutinitas kamu. 5. Memiliki jam tidur yang benar

Baca Juga :
5 Cara Sederhana Kembalikan Kulit Stres Usai Liburan Lebaran

Selain mengatur pola makan, penting juga untuk mengatur pola tidur. Apalagi selama berpuasa, bukan tidak mungkin waktu tidur kamu menjadi berkurang.

Kurang tidur dapat memengaruhi diet kamu. Berbagai penelitian telah mengaitkan kebiasaan tidur yang buruk dengan peningkatan obesitas pada anak-anak dan orang dewasa. Jadi, pastikan kamu memiliki jam tidur yang benar agar badan kembali langsing pasca Lebaran.

Original Source

Topik Menarik

{