Loading...
Loading…
DPR Desak Jokowi Bantu Palestina, Ingatkan Amanah Konstitusi

DPR Desak Jokowi Bantu Palestina, Ingatkan Amanah Konstitusi

Nasional | limapagi.com | Minggu, 16 Mei 2021 - 14:48

LIMAPAGI Bentrok Palestina-Israel makin memanas. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta Presiden Jokowi berperan aktif dalam konflik yang telah terjadi selama enam hari tersebut.

Dasco memandang sudah sewajarnya Pemerintah Indonesia turun tangan dalam konflik tersebut mengingat konstitusi telah memberi amanah. Amanat konstitusi, kata dia, harus disuarakan dengan lantang di tingkat internasional.

Konstitusi kita jelas mengatakan bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Dan tujuan Indonesia merdeka juga salah satunya, melindungi segenap tumpah darah, menjaga ketertiban dunia berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial, ujar Dasco dalam keterangan tertulis, Minggu, 16 Mei 2021.

Dasco lantas mengutuk agresi Israel ke Palestina dan menyebutnya sebagai kejahatan kemanusiaan. Tragedi kemanusiaan ini harus segera diakhiri karena sudah terlalu banyak memakan nyawa orang tak berdosa ujarnya.

Politikus Partai Gerindra ini meminta masyarakat ikut membantu meringankan beban warga Palestina terdampak serangan Israel dengan mengirimkan bantuan atau doa. Dia berharap masyarakat mengkonter serangan Israel lewat narasi kecaman dan menyerukan perdamaian.

Cara yang paling tepat kita lakukan saat ini adalah mendoakan agar dunia senantiasa dipayungi kedamaian, baik itu kedamaian di Palestina, kedamaian di Indonesia, maupun kedamaian di seluruh dunia, imbuhnya.

Memanasnya Palestina-Israel buntut dari sikap represif polisi Israel yang mengusir paksa warga Palestina dari distrik Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur.

Distrik itu merupakan teritorial wilayah Palestina yang terus diokupasi. Warga Palestina menilainya sebagai penggusuran paksa untuk diduduki warga Israel agar menjaga identitas mayoritas Yahudi di Yerusalem.

Original Source

Topik Menarik