Loading...
Loading…
4 Jam, 80 Kendaraan Diminta Putar Balik dari Pos Penyekatan Cito Mall

4 Jam, 80 Kendaraan Diminta Putar Balik dari Pos Penyekatan Cito Mall

Nasional | jawapos | Sabtu, 15 Mei 2021 - 11:53

JawaPos.com Puluhan pengendara terpaksa diminta putar balik oleh petugas di pos penyekatan Cito Mall. Kendaraan tersebut berasal dari luar Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo. Pengendara yang dihalau pun didominasi kendaraan pribadi. Sebagian besar tujuan mereka ke Surabaya adalah pergi ke mal dan berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Dalam empat jam, tepatnya mulai pukul 07.00 hingga 11.00, petugas berhasil memutar balik 80 kendaraan. Mereka dihalau karena tidak bisa menunjukkan syarat yang berlaku. Pemeriksaan hanya diperuntukkan bagi kendaraan yang bernopol selain L dan W. Dibanding kemarin, hari ini lebih sedikit, kata Kasatgas Dukuh Menanggal, Kecamatan Gayungan, Edi Santoso Jumat (14/5).

Sedikitnya jumlah kendaraan yang dihalau ini disebabkan beberapa faktor. Selain karena hari Jumat, mungkin juga banyak pengendara yang menerobos jalur tikus. Terutama mereka yang menggunakan sepeda motor. Tidak ada petugas yang berjaga di jalan tikus seperti di Menanggal, ucapnya.

Pengendara yang hafal jalan akan memanfaatkan hal tersebut. Edi menjelaskan, yang diputar balik di Cito Mall adalah pengendara kendaraan pribadi. Banyak yang dari rombongan keluarga. Tujuannya pun bukan silaturahmi ke saudara yang ada di Surabaya, melainkan mengisi libur Lebaran. Seperti ke mal atau wisata ke KBS.

Aktivitas penyekatan tinggi memang terjadi saat pagi hingga siang. Sebab, saat malam tidak banyak kendaraan yang masuk melewati pos penyekatan Cito. Karena itu, saat pagi beberapa jalan tikus masuk ke Surabaya tersebut dipadati pengendara. Salah satunya melalui Menanggal. Banyaknya pengendara yang melewati jalan tikus membuat warga kampung marah. Maklum, jalan gang menjadi sibuk dan cukup mengkhawatirkan untuk anak-anak, katanya.

Menurut Edi, pergerakan pengendara yang melewati pos penyekatan Cito akan tinggi pada hari ini dan besok. Hal itu tentu akan sama seperti sebelumnya. Jalur tikus juga akan digunakan sebagai alternatif masuk ke Surabaya.

Akses masuk ke Surabaya melalui Cito memang digunakan banyak pengendara. Akses tersebut adalah jalur pertemuan dari beberapa wilayah. Terlebih, terdapat exit toll. Sehingga bukan hanya roda dua yang melintas. Tapi juga kendaraan pribadi.

Original Source

Topik Menarik