Pengumuman! Pasar Tanah Abang Tutup Mulai 12 Mei

harianhaluan | Nasional | Published at 07/05/2021 08:26
Pengumuman! Pasar Tanah Abang Tutup Mulai 12 Mei

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sehari sebelum menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah yang diperkirakan jatuh pada Kamis (13/5), Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, mulai menutup kegiatan operasionalnya.

Sejumlah pedagang di Blok A Pasar Tanah Abang telah diinformasikan oleh pengelola gedung sehingga mereka dapat melakukan persiapan sebelum gedung ditutup mulai Rabu (12/5) hingga sepekan ke depan.

"Iya sudah dikasih tahu oleh pihak gedung, terakhir jualan tanggal 11, itu pun katanya setengah hari," kata Doyok (57 tahun) salah satu pedagang baju di Blok A Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat, Kamis (6/5), dikutip dari Republika.

Doyok mengaku meski gedung Pasar Tanah Abang akan ditutup hingga sepekan ke depan, ia mensyukuri penjualan baju pada tahun ini, dibandingkan 2020 di mana saat itu pasar ditutup selama dua bulan. Senada dengan itu, Yenny (61), salah seorang pedagang sajadah dan seprai di Blok B Tanah Abang, juga tengah membereskan barang dagangannya.

"Ya dibereskan sedikit-sedikit. Ini juga kami tidak ambil barang lagi, habisin aja stok yang masih ada karena mau tutup," kata dia.

Salah satu petugas keamanan Gedung Pasar Tanah Abang, Rahman (41) menjelaskan hari terakhir pasar beroperasi, yakni pada 11 Mei 2021 pukul 12.00 WIB. "Selasa terakhir buka, itu hanya sampai pukul 12.00 WIB. Besoknya Rabu tutup total sampai tujuh hari," kata Rahman.

Berdasarkan pantauan Antara pukul 14.30 WIB, situasi Pasar Tanah Abang sudah mulai sepi pengunjung. Hal itu dipengaruhi operasional kereta rel listrik (KRL) Commuter Line yang tidak berangkat dan berhenti di Stasiun Tanah Abang pukul 15.00-19.00 WIB. (*)

Artikel Asli