PC dan Tablet Terjual 122 Juta Unit Selama Kuartal I

republika | Nasional | Published at 07/05/2021 07:10
PC dan Tablet Terjual 122 Juta Unit Selama Kuartal I

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Firma analis Canalys telah melaporkan pasar PC di seluruh dunia, termasuk tablet. Selama kuartal pertama 2021, pasar PC  mengalami peningkatan pengiriman sebesar 53,1 persen mencapai 122,1 juta unit. Kinerja terbaik, dalam hal pertumbuhan adalah Chromebook (274,6 persen) dan tablet (51,7 persen) dengan pengiriman masing-masing mencapai 12 juta dan 39,7 juta.

Analis riset Canalys Brian Lynch mengomentari Chromebook sekarang adalah produk komputasi arus utama. Sektor pendidikan masih menyumbang sebagian besar pengiriman, popularitas mereka di kalangan konsumen dan pelanggan komersial tradisional telah mencapai ketinggian baru selama setahun terakhir. “HP dan lenovo mendominasi pasar Chromebook. Namun, ledakan tersebut telah menjadikan perekonomian berkinerja baik, yang memungkinkan vendor seperti Acer dan Samsung untuk mendapatkan bagian yang substansial dalam pasar PC dengan melayani permintaan Chromebook secara khusus,” ujar Lynch dilansir dari Neowin, Kamis (6/5).

Di pasar tablet, Apple memimpin dengan pangsa pasar 38,2 persen dan Samsung berada di urutan kedua dengan 20,1 persen. Amazon dengan jajaran tablet Fire-nya berada di posisi keempat dengan 8,7 persen di belakang Lenovo yang memiliki pangsa pasar 9,5 persen.

Menurut analis, pasar PC melihat musim liburan yang biasanya kuat tetapi pandemi yang terus berlanjut berarti orang masih membeli PC untuk membantu mereka bekerja dari rumah. Canalys yakin tablet akan menjadi andalan di sektor yang sedang berkembang seperti pendidikan serta penerapan komersial.

Artikel Asli