Anies Baswedan Ungguli Ganjar Cukup Telak di Survei Terbaru KedaiKOPI

sindonews | Nasional | Published at 07/05/2021 05:39
Anies Baswedan Ungguli Ganjar Cukup Telak di Survei Terbaru KedaiKOPI

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggungguli Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam hasil survei KedaiKOPI. Survei terbaru KedaiKOPI sejatinya mengukur tokoh daerah potensial menjadi calon presiden pada Pilpres 2024.

Hasil survei bertajuk Peluang dari Timur ini menunjukkan Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan merupakan kepala daerah dengan elektabilitas tertinggi di timur dan barat Indonesia.

"Nama Zulkieflimansyah mendapatkan nilai tertinggi di antara kepala daerah dari Indonesia Timur dengan nilai 20,8 persen diikuti dengan Gubernur Bali, I Wayan Koster dengan 15,2 persen dan Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor dengan 12,3 persen," kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo dalam rilis survei yang digelar daring, Kamis (6/5/2021) kemarin.

Tetapi untuk wilayah barat Indonesia, Anies Baswedan mendapatkan angka dukungan tertinggi yakni 38,2%. Angka dukungan ini terpaut 8% dengan Ganjar Pranowo di tempat kedua yang dipilih 29,0% responden. Beikutnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebesar 21,0%, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 9,6%, dan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah 2,2%.

Kemudian, sambung Kunto, survei ini juga mengulik pendapat masyarakat mengenai tokoh dari Indonesia Timur. Dan nama mantan Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla masih masoh yang terpopuler.

"Nama mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menjadi tertinggi dengan 35,5 persen, lalu ada Mantan Ketua KPK, Abraham Samad dengan 24,8 persen, diikuti Mantan Wakil Wali Kota Palu, Pasha Ungu dengan 11,3 persen, Zulkieflimansyah dengan 9,6 persen, dan Mantan Gubernur NTB, TGB Muhammad Zainul Majdi dengan 4,9 persen," ungkap Kunto.

Selain itu, survei ini juga mengungkapkan kombinasi ideal capres-cawapres pilihan masyarakat. Kombinasi militer dan sipil menjadi pilihan utama (41,0%), diikuti oleh sipil-militer (25,2%), sipil-sipil (22,1%), dan militer-militer (11,7%).

Survei Peluang dari Timur diselenggarakan oleh Lembaga Survei KedaiKOPI dengan menggunakan metode face to face interview kepada 1215 responden yang berada di 34 provinsi. Survei ini dilaksanakan pada 10-19 April 2021 lalu dengan Margin of Error ± 2,81% pada interval kepercayaan 95,0%.

Artikel Asli