Pandu Rama Sunarya, Mahasiswa Politeknik ATI Padang Raih Juara 1 Lomba Musabaqah Hifzil Quran Tingkat Nasional

harianhaluan | Nasional | Published at 07/05/2021 05:18
Pandu Rama Sunarya, Mahasiswa Politeknik ATI Padang Raih Juara 1 Lomba Musabaqah Hifzil Quran Tingkat Nasional

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pandu Rama Sunarya, mahasiswa yang tengah duduk disemester dua Jurusan Teknik Industri Agro Politeknik ATI Padang ini, berhasil menjadi pemuncak pada Lomba Musabaqah Hifzil Quran tingkat Politeknik/Akademi Komunitas di Kementerian Perindustrian yang diadakan oleh Politeknik ATI Padang pada tanggal 18-29 April 2021.

Mahasiswa yang akrab dipanggil Pandu ini lahir di Padang  3 Desember 2001 dan berdomisili Komplek Desaku Menanti Saiyo Sakato Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Pada saat mengikuti acara final, Dewan Hakim memberikan 3 pilihan maqra (daftar ayat) dan Pandu memilih kode soal A01 (Juz 1 dan Juz 30) yaitu Quran Surat Al-A'la ayat 19, Surat Al-Baqarah ayat 110, dan Surat Al-Baqarah ayat 43 yang semuanya dapat diselesaikan dengan sangat baik.

Bagi Pandu, meraih Juara 1 MHQ tingkat putra ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan baginya, bagi keluarga dan tentu saja bagi Politeknik ATI Padang sebagai almamaternya.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Selain sebagai mahasiswa, Pandu juga aktif sebagai pengurus dan guru TPQ Masjid Jabal Nur Air Dingin, sekaligus kerap menjadi imam di masjid tersebut. Selain itu Pandu juga bergabung menjadi anggota kelompok tani ternak Saiyo Makmur Sejahtera yang berada di Air Dingin.

"Motivasi saya adalah saya ingin menjadi orang yang berguna bagi keluarga agama, bangsa dan negara. Dalam kehidupan sehari-hari, saya memandang segala sesuatu sebagai tantangan, pekerjaan, dan pembelajaran. Saya juga senantiasa menanamkan cara berpikir yang positif karena setiap hal yang dihadapi pasti memiliki sisi positif dan negatif, dan terkadang memunculkan pro dan kontra. Dengan selalu berpikir positif, diharapkan kita mampu menjadi solusi bagi setiap hal baik melalui pemikiran maupun melalui tindakan,” demikian tutur Pandu. (*)

Artikel Asli