Sederet Makanan Berikut Cocok Disantap saat Sahur Berikan Rasa Kenyang Lebih Lama

harianhaluan | Nasional | Published at 07/05/2021 03:00
Sederet Makanan Berikut Cocok Disantap saat Sahur Berikan Rasa Kenyang Lebih Lama

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Menyantap makanan saat sahur secara sembarangan bisa memberikan dampak yang buruk pada tubuh. Saat sahur, tubuh membutuhkan makanan yang kaya akan protein, mineral, serta vitamin yang cukup. Sehingga menjalankan ibadah puasa akan terasa lancar.

Terdapat beberapa makanan yang kaya akan nutrisi baik untuk tubuh cocok disantap saat sahur. Selain memberikan banyak manfaat, sederet makanan ini juga memberikan efek rasa kenyang lebih lama. Makanan apa saja, berikut ulasannya:

  • Kurma dan air hangat

Kurma memiliki rasa manis yang berasal dari tiga jenis gula, yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Tiga jenis gula tersebut dinilai baik untuk tubuh.

Setiap jenis gula memiliki peran masing-masing dalam tubuh. Seperti glukosa yang bagus untuk meningkatkan kadar gula dalam darah.

  • Biji-bijian dan telur

Biji-bijian seperti kacang almond, kacang polong, dan kacang kedelai dinilai sangat bagus dijadikan menu sahur, apalagi ketiga biji-bijian ini sangat mudah diolah. Telur memiliki kandungan protein, nutrisi, dan vitamin yang tinggi, dan tentu sangat bagus untuk kesehatan. Selain menyehatkan, telur juga dapat diolah menjadi berbagai macam masakan dan pastinya lezat dimakan.

  • Susu

Minum segelas susu saat sahur sangat disarankan agar tubuh tetap kuat hingga tengah hari nanti.

  • Sayur dan buah

Untuk mengembalikan kadar air dalam tubuh, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air seperti apel, semangka, stroberi, bayam, buah naga, brokoli, dan tomat.

  • Jahe hangat

Jahe memiliki kandungan gingerol dan shogaol yang berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh. Jadi meskipun anda sedang beraktivitas di ruangan berAC, atau terkena terpaan angin, tubuh anda akan sulit masuk angin karena sudah minum jahe hangat.(*)

Artikel Asli