Loading...
Loading…
Diet saat Berpuasa, Tak Masalah! Begini Aturannya

Diet saat Berpuasa, Tak Masalah! Begini Aturannya

Nasional | harianhaluan | Jumat, 07 Mei 2021 - 02:54

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kurang memperhatikan asupan makanan saat berbuka puasa menjadi salah satu sebab berat badan naik drastis. Sebab, banyak orang yang khawatir akan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan tapi tidak bisa menahan makanan manis ataupun pedas.

Meski berpuasa, Anda tetap bisa menjalankan diet yang sehat. Sehingga Anda bisa memanfaatkan momen Ramadan untuk menurunkan berat badan.Namun, jika berat badan kamu malah naik selama berpuasa, itu berarti ada yang salah dengan cara kamu melakukan diet saat berpuasa.

Apa saja tips diet saat berpuasa yang sehat dan aman? Berikut ulasannya:

  • Memperbanyak Konsumsi Serat dan Protein

Tips diet saat puasa yang pertama adalah mengutamakan makanan yang mengandung serat dan protein dibanding makanan berkalori tinggi. Ini karena makanan berserat tinggi akan diserap dan dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lebih lama. Sehingga Anda tidak mudah cepat lapar dan bisa tahan berpuasa sepanjang hari.

Makanan yang tinggi serat dan protein juga membantu menekan nafsu makan, sehingga ketika waktu berbuka puasa tiba, Anda tidak kalap dan makan secara berlebihan.

  • Batasi Makanan dan Minuman Manis

Anda tetap membutuhkan asupan gula saat berbuka puasa untuk mengembalikan energi. Ini karena berpuasa selama belasan jam dapat membuat kadar gula darah dalam tubuh menurun. Sehingga Anda perlu mengembalikannya dengan makan-makanan atau minuman yang manis. Namun ingat, batasi asupan gula yang Anda konsumsi. Terlalu banyak makan-makanan atau minuman manis justru akan disimpan sebagai lemak oleh tubuh dan kemudian menaikkan berat badan.

  • Hindari Makan Berlebihan

Tips diet selama puasa selanjutnya adalah menghindari makan berlebihan. Meskipun Anda tidak makan dan minum seharian, bukan berarti boleh balas dendam saat berbuka puasa. Makan dengan porsi berlebihan bisa meningkatkan gula secara drastis. Padahal, tubuh tidak memproduksi banyak insulin ketika Anda berpuasa. Kelebihan gula pun akan diubah menjadi lemak di dalam tubuh. Jadi, Anda tetap harus menjaga porsi makan saat sahur dan buka puasa.

  • Hindari Makan Gorengan

Setelah menahan lapar seharian, gorengan adalah salah satu makanan yang tampak menggiurkan untuk disantap waktu berbuka puasa. Hati-hati, mengonsumsi makanan serba digoreng yang kaya dengan lemak jahat (lemak jenuh). Jadi, sebaiknya hindari gorengan dan makanan berlemak lainnya agar berat badan saat puasa bisa berkurang.

Tips diet saat puasa yang lainnya adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh Anda selama berpuasa dengan minum air putih setidaknya 8 gelas per hari. Anda bisa menggunakan rumus 2-2-2-2, yaitu dua gelas saat sahur, dua gelas ketika berbuka puasa, dua gelas setelah salat Tarawih, dan dua gelas sebelum tidur.(*)

Original Source

Topik Menarik