Rana Abdelhamid, Imigran Mesir yang Ramaikan Kongres Demokrat

republika | Nasional | Published at 05/05/2021 11:25
Rana Abdelhamid, Imigran Mesir yang Ramaikan Kongres Demokrat

IHRAM.CO.ID, NEW YORK -- Steinway adalah jalan yang ramai dan bising di lingkungan Queens di Astoria. Daerah yang secara lokal disebut sebagai "Little Egypt" ini dipenuhi dengan orang-orang yang berbelanja bahan makanan dan pengendara sepeda yang bergegas keluar masuk toko shawarma untuk mengirimkan pesanan mereka berikutnya. 

Iniadalah lingkungan Afrika utara, Asia barat daya yang terdiri dari bisnis kecil seperti toko daging halal, lounge hookah, dan restoran Timur Tengah.Bagi Rana Abdelhamid, lingkungan ini adalah rumah.

Pada 14 April, Abdelhamid mengumumkan pencalonannya melawan anggota Kongres dari Partai Demokrat yang sedang menjabat, Carolyn Maloney, untuk mewakili distrik kongres ke-12 New York, sebuah wilayah yang terdiri dari sebagian besar Manhattan East Side, Astoria, dan utara Brooklyn.

Mulai dari apartemen penthouse yang sangat kaya yang berbaris di Central Park Manhattan hingga area kelas pekerja yang sedang berjuang di mana Abdelhamid dibesarkan. Jika terpilih, Abdelhamid akan menjadi salah satu anggota termuda yang pernah bertugas di Kongres dan wanita Muslim ketiga yang pernah terpilih ke DPR. Dia telah menerima dukungan dari Justice Democrats, sebuah kelompok aktivis progresif yang kuat yang berperan penting dalam kemenangan Alexandria Ocasio -Cortez dan Jamaal Bowman dalam pemilihan utama masing-masing di New York.

Sama seperti AOC dan Bowman mengalahkan Demokrat yang sudah lama mapan dan kemudian dengan cepat menjadi terkenal di sisi kiri partai, begitu juga Justice Democrats berharap Abdelhamid akan melanjutkan tren revolusi sayap kiri yang melanda New York City yang telah berdampak besar pada politik nasional Amerika. "Sejarah saya di distrik ini berakar pada pengorganisasian saya, dalam komunitas saya, dalam spiritualitas saya, dalam pendidikan saya. Saya merasa sangat terhubung. Itu berasal dari tempat cinta. Inilah mengapa saya melakukannya," kata Abdelhamid dilansir di The Guardian, Selasa (4/5).

Abdelhamid yakin dia bisa menang juga. Menurutnya, Justice Democrats tahu ia bisa memenangkan ini. Itu memberi dirinya, tim dan komunitasnya banyak kepercayaan diri. "Itu membuat saya merasa seperti menjadi bagian dari gerakan yang lebih luas, gerakan untuk politik progresif di negara ini," katanya.

Tahun 2021 akan menjadi tahun yang sibuk bagi calon politikus berusia 27 tahun yang memulai kampanyenya hanya satu hari setelah awal Ramadan. Selain memulai kampanye dan merencanakan pernikahan, Abdelhamid sekarang juga berpuasa.

Kandidat muda ini harus berbuka puasa di tengah rapat, tetapi dia menyebut waktu kacau debut politiknya sebenarnya cukup indah. Ayah Abdelhamid mengelola toko makanan halal yang sangat dicari, salah satu yang pertama di masyarakat. Ketika dia tidak bisa membayar sewa untuk menjaga tokonya tetap buka, bisnisnya tutup dan menjadi supir taksi untuk memenuhi kebutuhan.

Artikel Asli