Mengapa Umat Berlomba Khatam Alquran?

republika | Nasional | Published at 05/05/2021 10:45
Mengapa Umat Berlomba Khatam Alquran?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama Ramadhan, umat muslim berlomba-lomba memperbanyak waktu membaca Alquran. Bahkan tidak sedikit banyak yang ingin mengkhatamkan Alquran hingga 2-3 kali. Lalu sebenarnya apa yang membuat mereka begitu bersemangat untuk banyak mengkhatamkan Alquran.

Dilansir dari About Islam, Selasa (4/5), doa orang-orang yang mengkhatamkan Alquran akan diterima Allah SWT. Berbagai riwayat menunjukkan bahwa ketika Alquran telah dikhatamkan maka rahmat Allah akan turun. Bukan hanya itu, ribuan malailat pun akan turun dan turut mengucapkan Ameen atas doa yang dipanjatkan usai membaca Alquran.

Maka tidak heran bila kemudian, banyak orang berkumpul dengan keluarga dan anak-anak mereka saat membaca Alquran, agar mereka lebih banyak mengkhatamkan Alquran. Mereka akan melakukan ini, karena mengganggap Ramadhan adalah waktu di mana doa-doa akan diterima. Ini mengajarkan kita pentingnya memiliki hubungan dengan Alquran. Ini adalah bulan di mana kita harus menghidupkan kembali hubungan kita dengan kitab Allah.

Selain mengharapkan doa dikabul, dengan rajin membaca Alquran juga akan mempererat hubungan dengan Alquran sehingga kebiasaan membaca Alquran tidak hanya dilakukan selama Ramadan, tetapi juga diteruskan dibulan-bulan yang lain. "Ini adalah sesuatu yang kami harap agar kita semua secara teratur mengkhatamkan Alquran. Sekalipun kita adalah pembaca yang paling lambat, mari kita buat tujuan untuk bisa mengkhatamkan Alquran dalam satu tahun," kata Yahya Rhodus, Direktur Pendiri Al-Maqasid.

"Jika Anda sedikit lebih cepat, mari buat tujuan untuk melakukan dua khatm dalam setahun, jika Anda lebih cepat lagi, mari kita memiliki niat yang lebih tinggi. Bagi yang bisa membaca cukup cepat, yuk niat untuk menyelesaikan Alquran setiap dua bulan, atau bahkan setiap bulan. dan mereka yang membaca lebih cepat, mungkin mereka akan menyelesaikan Alquran beberapa kali dalam satu bulan," tuturnya.

Dengan semakin banyak membaca dan memgkhatamkan Alquran, akan semakin mempererat hubungan dengan Alquran. "Kami berharap ide khatam ini menyebar di tingkat komunitas lokal kami di mana pun kami mempraktikkan Islam, sehingga kami kemudian dapat mengalami berkah dan rahmat yang datang dengan kitab Allah, terhubung kembali ke ucapan abadi Tuhan kita," tambahnya.

Artikel Asli