Libur Lebaran 2021, Polisi Usul Pemprov DKI Tutup Tempat Wisata

limapagi.com | Nasional | Published at 05/05/2021 02:57
Libur Lebaran 2021, Polisi Usul Pemprov DKI Tutup Tempat Wisata

LIMAPAGI – Polda Metro Jaya telah mengusulkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menutup tempat wisata di DKI Jakarta selama masa libur Lebaran 2021 nanti.

“Kami sudah minta keputusan dari Dinas Pariwista ya, kalau bisa sih sama seperti tahun kemarin (tempat wisata) ditutup saja,” kata Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Kombes Pol Marsudianto, dalam keterangannya, Selasa, 4 Mei 2021.

Meskipun tempat wisata ditutup, Marsudianto menerangkan aparat kepolisian akan tetap menjaga dan mengamankan.

Selain itu, skema pengamanan serta penyekatan untuk meminimalisir kerumunan pengunjung di tempat wisata juga disiapkan.

“Jadi untuk tiket ke tempat wisata ini dibeli secara online , dan kemudian ada pembatasan sebanyak 50 persen saja. Kalau masih menumpuk, kami akan melakukan penyekatan buka tutup secara sementara,” sambungnya.

Selain itu, Marsudianto juga menegaskan akan menyelidiki jika ditemui kerumunan atau pelanggaran protokol kesehatan di tempat wisata tersebut.

“Nanti tentunya dari pihak penyelenggaranya akan dimintai keterangan ya, kenapa bisa sampai berkerumun dan tidak menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Seperti diketahui, selama Operasi Ketupat Jaya 2021 yang digelar pada 6-17 Mei 2021 mendatang, Polda Metro Jaya menyiapkan 77 pos pengamanan (pospam) di sejumlah tempat wisata serta pusat ekonomi di Jakarta.

“Ada 77 pos pengamanan, terutama untuk kegiatan-kegiatan yang ada di lokasi rekreasi, mal, pasar, pusat perekonomian. Itu akan kami lakukan kegiatan pengamanan,” kata Marsudianto.

Marsudianto mengatakan, 77 pos tersebut disiapkan setelah pemerintah menerapkan kebijakan larangan mudik, agar warga Ibu Kota merayakan Idul Fitri di Jakarta.

“Pospam itu bertujuan untuk memantau penerapan protokol kesehatan di pusat ekonomi seperti mal dan pasar maupun tempat wisata,” paparnya.

Artikel Asli